Terawan Pilih Bungkam Saat Ditanya Vaksin Nusantara Adalah Buatan AS

Eramuslim.com – Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto enggan menanggapi anggapan publik bahwa Vaksin Nusantara buatannya disebut berasal dari bahan-bahan yang diimpor dari Amerika Serikat.

Terawan Pilih Bungkam Saat Ditanya Vaksin Nusantara Adalah Buatan AS

Dia berjanji akan membuktikan anggapan itu salah. Vaksin dengan metode dendritik itu selama ini mendatangkan polemik karena belum disetujui oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Menurutnya tudingan itu merupakan pendapat berbeda dari sejumlah pihak yang memang tidak perlu dia jawab. Hal itu dia sampaikan usai memperlihatkan cara pembuatan vaksin Nusantara tahap demi tahap mulai dari awal hingga siap disuntikan.

Peragaan itu dia tunjukkan saat rapat dengar pendapat di Komisi VII DPR RI.

“Jadi demikianlah apa yang dikatakan bahwa ini bikinan Amerika dan sebagainya, ya saya selama ini diam saja untuk apa dijawab. Karena itu kan mereka berpendapat,” kata Terawan di DPR, Rabu (16/6).

“Pendapat itu tak perlu dijawab tapi dengan saya buktikan bahwa memang seperti ini,” lanjutnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait siapa yang berpendapat vaksin Nusantara adalah buatan Amerika, Terawan enggan menjawab lugas. “Yak gak tahu. Berita. Siapa itu? Berita,” katanya.

Saat di DPR, mulanya Terawan mulai memaparkan bagaimana awal mula membuat vaksin Nusantara. Namun aksinya tersebut disambut rasa penasaran anggota dan pimpinan Komisi VII.

Sejumlah dari mereka tampak mendekat ke meja Terawan, guna melihat langsung demo ‘masak’ vaksin Nusantara ala Terawan.

Terlihat Wakil Ketua Komisi VII mulai dari Eddy Soeparno dan Alex Nurdin mendekat ke meja Terawan. Selain itu, anggota Komisi VII Dyah Roro Esti juga ikut melihat lebih dekat.