Terungkap Tempat Singgah Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Dia mengatakan, Giliyang terus dikembangkan agar menjadi wisata kesehatan ke depannya. Potensinya besar untuk memancing keinginan wisatawan mancanegara ke Sumenep. “Kalau pulau yang indah, mungkin banyak di Indonesia, tapi kalau yang oksigennya tinggi, hanya ada di Sumenep,” ucapnya.

Wisata bahari mestinya memang jadi andalan di Sumenep. Busyro menjelaskan, daerahnya dikelilingi lautan dengan luas 50 ribu kilometer persegi dengan 126 pulau. Di luar potensi minyak dan gas, Sumenep merupakan daerah penyuplai ikan di Jawa Timur dan provinsi-provinsi terdekat, seperti Sulawesi dan Bali.

Namun, lanjut Busyro, potensi-potensi tersebut belum berjalan maksimal karena infrastruktur yang belum memadai. Dia menyebut contoh perhotelan. Belum ada hotel berbintang di Sumenep. “Maka, perlu tangan-tangan terampil dari para pengusaha dan hadirin sekalian,” ujarnya.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jatim, Arifudunsyah, mengatakan bahwa Sumenep adalah kabupaten yang paling siap soal pengembangan wisata dibandingkan tiga kabupaten lainnya di Madura. “Saya sering diminta teman Malaysia agar bikin paket ke Giliyang,” katanya kepada VIVAnews pada Sabtu, 27 Juli 2019. [vv]