NATO Dukung Serangan AS-Inggris Atas Assad

Eramuslim.com -Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menyatakan, semua negara anggota NATO menyatakan dukungan mereka atas serangan yang dilancarkan Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) di Suriah.

“Sekutu menyatakan dukungan penuh mereka untuk tindakan ini yang dimaksudkan untuk menurunkan kemampuan senjata kimia rezim Suriah dan mencegah serangan senjata kimia lebih lanjut terhadap rakyat Suriah,” kata Stoltenberg, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/4).

Dirinya kemudian menuturkan, NATO percaya bahwa aksi militer yang dilakukan ketiga negara tersebut di Suriah tidak akan mengancam penyelesaian politik di negara Timur Tengah tersebut.

“Tidak. Sebenarnya sebaliknya, saya pikir jika kita diam, dan menerima penggunaan senjata kimia, itu akan merusak upaya untuk menemukan solusi politik. Jadi, kami sangat menyatakan dukungan untuk proses politik yang dipimpin PBB, tidak ada solusi militer untuk konflik di Suriah,” ungkapnya.

“Tetapi pada saat yang sama, saya pikir itu benar-benar akan berbahaya jika komunitas internasional menerima penggunaan senjata kimia dan oleh karena itu kami mendukung tindakan yang diambil AS,” imbuhnya.

Stoltenberg kemudian mencatat bahwa serangan yang dilancarakan oleh AS cs di Suriah sangat presisis, proporsional, dan hanya ditujukan untuk fasilitas senjata kimia Suriah saja.(jj/sptk)