Apa Tujuan Cina “Menyebarkan” Virus dari sudut Geopolitik dan Geoekonomi?

Saya memang tengah menyusunnya, namun karena serangkaian tujuan Cina yang terkait satu dengan lainnya maka untuk menuliskannya akan cukup memakan waktu karena panjangnya penjabaran dalam tulisan. Silakan saja para sahabat memeriksa, meneliti dan menganalisanya terlebih dahulu, dan kita periksa bersama. Benarkah tujuan yang kuungkap demikian halnya?

Yang perlu digarisbawahi adalah kasus ini tidak akan berlama-lama terjadi. Mengapa?

Ekonomi Cina sebagian besar ditopang oleh Pergerakan Ekonomi Cina Rantau. Cina Rantau bertindak sebagai mata mata, agen dan sales Cina di semua negara dunia dan sebagian Investor dalam negeri Cina.

Maka bila Cina “hibernasi” karena kasus ini berlama lama, akan berdampak pada goncangnya ekonomi dunia dan kehidupan Cina Rantau di mancanegara, yang pada gilirannya akan memukul balik ekonomi dalam negeri Cina sendiri.

Itu berarti Ambisi Hegemoni Cina akan gagal karena tujuan penguasaan global itu bukan untuk menghabisi kehidupan masyarakat suatu negara tetapi mengendalikan dalam genggaman Cina.

Cina juga tidak mau mengorbankan pergerakan ekonomi Cina Rantau yang akan terhambat atau bahkan mati suri dalam jangka panjang, karena terdampak kasus virus Corona Cina Wuhan. Sekian.(end/GlobalReview)

Adi Ketu, Pengiat Sosial Media dan Peminat Isu Internasional