Sampai Segitunya Mereka Memusuhi Anies Baswedan

Oleh Asyari Usman

Rezim zalim memusuhi Anies Baswedan tidak tanggung-tanggung. Detail dan retail. Dari semua sisi. Dan melibatkan sebanyak mungkin orang yang berada di lingkungan rezim.

Detail dalam arti semua hal yang terkait dengan Anies dimusuhi dan diganggu. Apa saja dijegal. Sampai ke hal yang kecil sekali pun.

Retail dalam arti semua kios (outlet) kekuasaan dikerahkan untuk memusuhi Anies. Mulai dari yang paling tinggi, menengah, sampai ke bawah. Dari kiri dan kanan, dari depan dan belakang. Semua diwajibkan memusuhi Anies.

Dahsyat dan luar biasa sekali. Penyelenggaraan balap Formula E tahun lalu (2022) adalah contoh kezaliman itu.

Dalam silaturahmi dengan pimpinan sebuah pesantren di Pasuruan, Jawa Timur, akhir bulan Mei, Anies menceritakan penjegalan tingkat tinggi terhadap Formula E. Tahun lalu, Anies mau menyiapkan sirkuit balap mobil listrik itu. Dia ingin melaksanakannya di halaman Monas. Tapi tidak diizinkan karena khawatir merusak cagar budaya di situ. Ok, tidak masalah.

Anies kemudian membuatnya di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Di sini, memang tidak ada masalah izin pemakaian. Namun, kedengkian yang dialami Anies malah lebih parah.

Ketika lintasan balap (track) mau dibikin, tidak ada satu pun penjual aspal campuran yang mau menjual kepada Anies. Semua agen aspal campuran itu mengatakan mereka tak berani menjual untuk Formula E. Mereka semua hanya bisa meminta maaf. “Mereka takut,” kata Anies.

Waktu penyelenggaraan makin dekat. Akhirnya, diputuskan untuk membuat sendiri aspal campuran yang diperlukan. Para insinyur harus bekerja keras.

Mereka membeli aspal curah. Kemudian ada yang harus pergi ke Jerman untuk membeli lem khusus. Lem ini harus ada sebagai campuran aspal Formula E itu.

Singkat cerita, lengkaplah bahan baku untuk pengaspalan track. Dicarilah tiga truk molen bangunan untuk mengaduk aspal curah dengan bahan-bahan lainnya itu. Karena memang molen umum itu tidak cocok untuk mengaduk aspal, akhirnya ketiga molen itu rusak.

Para teknisi menemukan cara lain untuk mengaduk aspal spesial itu. Terpasanglah aspal di lintasan balap. Pekerjaan pun usai. Tetapi, tidak berarti selesai.

Ada prosedur selanjutnya yang membuat Anies dan timnya berdebar-debar. Sirkuit baru itu akan diinspeksi oleh tim Formula E dari Inggris. Untuk memastikan sesuai standar atau tidak.

Alhamdulillah, evaluasinya di luar dugaan. Tim inspeksi puas. Lintasan (track) yang dibuat tanpa alat pengaduk aspal itu dinyatakan sebagai yang terbaik dalam penyelenggaraan Formula E.

Begitulah kisah penzaliman yang berakhir dengan sukses besar Formula E pertama di Indonesia. Meskipun Pertamina dan BUMN lain menolak menjadi sponsor.

Tahun lalu, Pertamina berkilah bahwa tidak ada produk mereka yang dipakai di Formula E. Masuk akal juga. Tapi, tahun ini (2023) Pertamina ikut menjadi sponsor Formula E setelah Anies tidak lagi menjabat gubernur DKI. Kok bisa begitu? Nanti kita tanya ke Dirut Pertamina.

Apa tujuan penzaliman Formula E semasa Anies tahun lalu? Supaya penyelenggaraannya berantakan. Mereka ingin reputasi Anies pun berantakan.

Ada satu lagi, hampir lupa. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ikut menyaksikan Formua E 2023 ini. Entah mengapa, dia tidak hadir dan juga tidak mau mempromosikan Formula E tahun lalu (2022).

Satu lagi, Anies tidak diundang panitia Formula E tahun ini untuk menonton. Wajar diundang, sebenarnya. Beliau beli sendiri tiket bersama keluarganya.

Sampai segitunya mereka memusuhi Anies Baswedan.[]

7 Juni 2023
(Jurnalis Senior Freedom News)

Beri Komentar

322 komentar

  1. Terlepas apa yang disampaikan fakta atau tidak.. tapi memang betul betul pk anies itu org cerdas. Fakta yg jelas dan tidak diragukan lagi yaitu ketika dia tidak di undahng oleh panitia formula E. Kenapa tidak undang padahl sudah jelas adanya formula e adalah krena anis? Tp pak anies menyikpinya denga lurus. Untuk menonton formula e tdk harus diundang tp sbgai masyarakat biasanypun tdk masalah. Itu artinya dia tidak dendaman tp ttp berusaha memeriahkan walau mungkin merasa disakiti. Tp itu tdak masalah buat dia. Formule e berjalan dg lncar itu aj sdah senang.

  2. Ente ngga sadar semua ini KARMAnya AHOK, begitu di jegalnya AHOK saat Pilgub DKI, dan sekarang anda merasakan jadi jangan LEBAY

  3. Ini orang konyol dan picisan, mo ikut ikutan buat framing seolah olah anis dimusuhi berbagai lini, berkutat di formula E, sbg keunggulan, padahal itu biasa, dan bukan kompetensi gubernur.
    Kl sdg sakit berobat dulu lah bung….

  4. Tak ada itu istilah rezim,dan yang membenci pak Anis,justru si rezim memberi kesempatan menjadi menteri ,gubernur,tapi yth pak Anis tidak bisa menunjukkan dan membuktikan kinerjanya yang terbaik.

  5. Saya jg heran knp wni migran dr sudan & yaman banyak yg sll bikin o onar, mrk memanfaatkan para pribumi dgn memprovokasi bahkan diajari men jd teroris dgn kedok agama. Harusnya para wni keturunan asing berterimakasih bs hidup di nkri yg sdh memberi peluang utk hidupdamai tentram shg sebaiknya jgn neko2

  6. Para pemuja yohanes sedang berusaha utk bt sinetton dongeng minaslimin & ngebranding tp ttp sj gatot,mau pk jurue baper playing victim spt esbeye

  7. Saya yakin penjegalan terhadap Bro Anies ada kedengkian dan dendam karena kekalahan Koh Ahok pada pilgub DKI 2017. Maka mereka mengerahkan semua BuzzerRp agar Bro Anies tidak bisa menjadi presiden RI mendatang.
    Tetap Istiqamah Bro Anies, Indonesia gemilang adalah amanahmu.
    “Biarkan anjing [lapar kekuasaan] kafilah tetap berlalu.”
    #Anies R. Baswedan for presiden

  8. Seperti yang sudah diduga, Anies Baswedan & kelompoknya pasti akan melakukan PLAYING VICTIM atas pemerintahan saat ini untuk menaikkan elektibilitasnya & sekaligus membungkus kebusukan kebijakan pemerintahan daerah yang koruptif dan manipulatif selama memimpin DKI Jakarta… Tp rakyat tidak bodoh & mempercayai orasi yg dilakukan Anies Baswedan beserta koalisinya… Rakyat Indonesia sudah dewasa, pintar dan memiliki penglihatan yang tajam atas rendah dan busuknya rekam jejak pemerintahan Anies Baswedan selama jadi Gubernur DKI !! Salam sehat dan Salam waras… !!

  9. Tdk ada yg mewajibkan membenci anis … wong dia sendiri aja yg berulah. Pak prabowo aja bilang ada orang yg ga punya sopan santun padahal dia pemimpin. Numpang bis seenak jidat sendiri. Eee teriak2 minta turun di tengah jalan …. GAK BAYAR PULAK! … dasar!!

    1. Anda waras???? Atau otak anda yg rusak yg sdh tidak bisa di perbaiki??? Apa hubungan nya Prabowo dan FORMULA E? Dulu pimpinan partai penguasa saat ini jg ingkar janji PD prabowo ( dokumen batu tulis)

    2. Ketika Elektabilitas jeblog, dibilang lembaga survey tipu2 (fitnah)
      Ketika elektabilitas jeblog, dibilang karena dijegal.
      Haduh susah ngomong sama orang2 imotak dengkul

    3. ini realita bos..bicara soal pilgub dki mungkin dia bs berkoalisi dan konspirasi dgn kawan2 satu watak. tapi jika bicara indonesia uda pasti anis BUKAN ORANG YANG TEPAT UNTUK PIMPIN INDONESIA. MASIH JAUH KEMAMPUANNYA DIBAWAH KANDIDAT YG LAINNYA.

  10. PASUKAN KADAL KAUM KHAWARIZ DAN HTI PENGHISAP DARAH MULAI PANIK..MULAI GENCAR SEBAR HOAX FINTNAH DAN BIKIN GADUH..PROVOKASI ..PLAYING VICTIM..SEGALA CARA DI LAKUKAN DEMI AMBISI KEKUASAAN…KAMI NUSANTARA PUNYA PENGALAMAN DAN SEJARAH DLM MEMILIH PEMIMPIN..CAMKAN..

  11. Kalo wartawannya kadrun repot semua fakta dijungkirbalikan anis diposisikan sbg pihak yg terzolimi dgn harapan dapat dukungan dr masyarakat

  12. Tinggal adu argumen dengan data dan fakta. Berikutnya kita tinggal mengikuti alur peristiwanya. Rakyat Indonesia yang menentukan.

    1. Saya doakan semoga penulis ini bisa diajak ikut naik private jet keliling safari lalu bikin artikel tentang hebatnya bohir yohanis edan ini ya ditunggu ulasannya.

    2. Smp air yg scr Sunatullaah meresap dalam tanah saja minta maaf ke AB , mereka ketakutan / dilarang gak boleh masuk dalam tanah.

  13. Kubu kadrun selalu membuat narasi seolah sebagai korban.pdhl mereka sndiri yg bikin narasinya.pemerintah ngapain jegal wong Anis sndiri gk disukai rakyat krna hanya bisa kerja kata3 saja.. monas aja sdh di sikat habis dan katanya pohonnya di bikin sehat tp sampe skrg gk jelas kmn pohonnya dan gk ada penghijauan kambali wkwk

  14. Dan igatlah kita mereka menzolimi Ahok, dia menggunakan ayat-ayat Allah untuk menzaliminya.

  15. Siapa menabur angin, maka akan menuai badai, begitulah kira2 akibat: politik identitas, diskriminasi dan intimidasi tdp warga jkt, pemakaian anggaran yg gak sesuai peruntukannya, dan msh bnyk lagi hal2 yg lari dari janji2 kampanyenya saat pilgub

  16. Buzzer jahanam bin laknat malah pada gentayangan di sini, memalukan..!! Biar busuk perut buzzer makan dari fitnah

  17. Apa bedanya rejim ORBA dengan rejim Sekarang, bedanya Korupsi dulu tertutup sekarang kasat mata.

  18. Anies suruh melihat jidatnya dulu lah. Kami melek kenyataan kalau anies jelas oportunis, gila kekuasaan dan mudah berkhianat kepada kawan. Ingat anies orang yg sangat berbahaya bagi NKRI titik….

  19. saya juga jurnalis, tapi tetap menjunjung independensi. memberitakan apa yang kita lihat dengan perimbangan.
    jurnaliis yang satu ini, hanya agen kepentingan. hanya mengorek sisi kejelekan pihak lain, untuk mengangkat pihak2 tertentu. semoga dibukakan jalan kebenaran untuk dia.

  20. Cie cie cieeeee …. Kadrun berkedok jurnalis baperan dan mulai sebar playing by victim, jgn kotorin jurnalis dgn berita2 fitnah drun

  21. Sejak beliau bilang air harus dimasukin tanah bukan dibuang ke laur lewat gorong2. Gw jadi ga resepek. Logikanya. Jakarta itu tanah pesisir pantai dan sebagian besar sedimentasi. Sudah pasti dalamnya banyak air rembesan dari laut. Apalagi penurunan permukaan. Sehingga mustahil dimasukkan ke tanah dulu alias diserap. Wong udah full air kok diserap. Yang betul dibuang secara cepat biat ga mengendap. Ingin memimpin tp sampe memutarbalikkan fakta demi dukungan dan suara. Pake embel2 muslim. Trus muslim boleh seperti itu?

  22. Manusia diciptakan makhluk yg paling mulia diantara makhluk yg lain. Tapi iblid/setan sdh bersumpah akan merayu manusia menjadi makhluk yg lebih rendah dari binatang.
    Anis dan pengikutnya sebagai muslim tdk elok menyalahkan orang lain, apa lagi anis sdh pernah di ajak kerja dgn pemerintah utk ikut mencerdaskan banhsa menjadi KMENDKBUD, tetapi kinerjanya tdk membawa mamfaat dan dipecat.
    Media sosial lainnya sudh berusaha menyadarkan si anis tetapi arahan sianis malah tambah sesat menuduh pemerintah menjegalnya jadi capres. Parah,,, begitulah kalau sdh di kendalikan napsu..

  23. Sampeyan kalo nulis artikel yang memprovokasi orang untuk membenci pemerintah dan menyanjung anies JANGAN ADA TULISAN MUSLIM NYA LAH, saya orang muslim tapi dari saat pencalonan anies sebagai gubernur dengan menjanjikan rumah tapak DP 0% dan program Naturalisasi yang aneh, maka bisa dikatakan anies sedang ngibul karena secara hitung2an teknis sudah jauh tidak masuk akal, malu juga kalo dibilang anies sebagai salah satu pemimpin muslim yang berpreatasi

  24. Perasaan saja bro, kalau kita yakin dengan yang punya ketentuan dan paham atas taqdir seseorang tak perlu ragu maju saja…tapi jangan buru buru menjustice orang atau lawan dengan kata dzalim karena urusan dzalim tidaknya orang lain itu urusan Tuhan, dan kita tidak tahu pula bahwa jika kitalah dianggap dzalim sama Tuhan kita…

  25. Semua ada Krn sebab akibat, itulah mungkin yg hrus direnungi olh kubu Anies,jgn kjelekn org lain sj yg diekspos,tp instrospeksi diri jg penting. Khadiran Jokowi di ajang Formula E th 2022 tdk disebut,tp ketidakhadiran org lain trksan ditimpkn kslhannya ke Presiden Jokowi. Narasi² yg dibangun olh pndukung Anies thd pa Jokowi dr penyimpangn data dn brita yg diplestkan jg fitnah dn hinaan,itulah yg mnybabkn rky muak ats narasi² busuk tsb. Ktika ada yg mlaporkn fitnahn tsb pd polisi dinarasikan jg sbg tindkn zholim dr pmrnth dn ngless bhw narasi busuk itu sbg kritik dn prbedaan pndapt sj. Prnyataan DI ttg putusan MK jg diplesetkn sbg pengingat jgn sampe MK mmbuat kputusan yg salah ktika DI dipoliskn. Rky tdk bodoh,masa DI tdk tau dlm hal mmbocorkn rahasia negara. Klau liat data ttg survey kpuasan rky thd Presiden Jokowi skitar 78%,itu artinya rky lbh puas dbnding data kpuasan thd pemrnthn SBY dn itu hrus ditrima dg lapang dada. Skrg JK mulai memainkan isi SARA atw politik identitas lg sprti yg trjdi di Pilgub DKI,Krn mungkin mrasa Anies akn kalah. Pdhl Anies ditolak Eky mayoritas Krn polit identitas yg dimainkn dulu dn kinerja Anies di DKI yg sgt mngecwakn warga DKI. Yg hrus disesali olh pndukung Anies adl knp Anies tdk mmbangun citra positif dg kinrja yg memuaskan warga DKI klau ingin ikut Pilpres 2024. Orasi pnting tp jauh lbh pnting adl kerja nyata.

    1. Kekuasaan itu pasti ada akhirnya, begitu juga rasa hebatnya, jabatan cuma sekilas. Hebatmu mengalahkan AKHLAQMU, yang nyata dikaburkan. Yang nampak hanya SENTIMEN…yang dibenci bukan TOLOL dibanding yang membenci, hebatmu hanya karena kolonimu..coba adu pintar INDIVIDU pasti gk menang. BODOH yang berkelompok akan menumbangkan yang PINTAR..karena adu otot, yang PINTAR, main OTAK…dan si BODOH biarkan kalah dgn kelompoknya…dan kalah dgn. DIRINYA SENDIRI…

    2. Oke, baik jika memang benar berani buktikan data-data pembelian ekspor dari jerman untuk pengadaan bahan bakunya dan hasil evaluasi resmi dari FORMULA E yang menyatakan standard sirkuit dibuat terbaik selama ini. Dan buktikan resmi di ek-katalog sepuluh tender proyek yang secara resmi menolak mengerjakan proyek formula E?

      Ayo buktikan data-data validnya bisa ngomong demikian ke publik. Berani buat artikel berita harus berani buktikan datanya.

      Kalo tetap tidak ada sampai pemilihan presiden. Tutupkan ijin berita website ini.

    3. Katanya tdk memuaskan, tapi kenapa takut, biarin saja, knp pusing mikirin Anis..kasihan otak mikir, kalo yakin kalian lebih dari segalanya jgn jatuhkan pesaing… Kalian belum mulai udah kalah…kasihan…

  26. Pendukung ARB memulai politik playing victim, seakn-akan ARan didzalomi dan dimusuhi.
    Rakyat sudah cerdas….

  27. Yah!!sy mah sdh paham dgn apa yg terjadi saat ini, contohnya sj kasus2 yg menyangkut dgn pemerintahan sdh masuk ke pengadilan pun byk yg mandul dan sy hanya bisa berdoa semoga segala kezaliman dan ketidak adilan di negeri tercinta ini agar secepatnya di hancurkan dan di binasakan,,,,,aamiin

  28. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ قِيلَ وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ قَالَ الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ. (رواه ابن ماجة)

    “Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda: “Akan datang tahun-tahun penuh dengan kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang yang jujur didustakan, amanat diberikan kepada pengkhianat, orang yang jujur dikhianati, dan Ruwaibidhah turut bicara.” Lalu beliau ditanya, “Apakah al-ruwaibidhah itu?” Beliau menjawab,“Orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum” (HR Ibnu Majah).

  29. Yang merilis tulisan in benar2 tidak mengetahui sepak terjang Anies sejak menjadi menteri hingga sebagai DKI 1 !!! Banyak kebohongan , kecurangan yang dilakukan pun penulis tidak mengetahui sesungguhnya !!!
    Sudahlah JGN MENGKAMBING HITAMKAN PERILAKU ANIES YG TDK TERPUJI DGN FAKTA2 YG ADA.

  30. Kalau bicara kebencian kepada anis sampai segitunya, saya juga bisa berpendapat, sebegitu bencinya kelompok kalian ke pemerintah, banyak berita hoax, narasi2 yang menyerang pemerintah. Menghina kepala negara, dan disini Anies di jadikan alat oleh mereka2 yang punya misi untuk menguasai negara ini, dgn kepentingan kelompok mereka, dgn dalih agama.

  31. Jual ayat dan mayat… Wajar kalao banyak yg gk suka. Gimana mo jd presiden? Presiden Terbodoh Sedunia?

  32. Ngaca2…..ente dulu mempelakukan Jokowi luar biasa biadab, ga cukup hujatan dn hoax bahkan sampai fitnah dilanjtkan demo ber jilid2…sekarang Anis baru segitunya sudah baber…memalukan umat islam yg seharusnya selalu menjaga akhlak

  33. Siapa bilang semua benci anies? Gw nggak benci, malah gw dukung tuh orang utk nyapres. Tp do’i bukan pilihan gw… ???

  34. Pada Akhirnya kekuasa’an dan kekuatan yang di miliki Penguasa saat ini
    Itu terbatas dan akan tertambat pada kehendak dan takdir Allah Ta’ala, InsyaAllah Indonesia di tahun 2024 mendapat Pempimpin yang terbaik, Anies For Presiden 2024

  35. Yach memang budaya baru untuk orang2 yang iri dengki. Sanpai mengorbankan akhlak, dimana rasio dan agama gak berlaku, kuasa dan kekuasaan itu pasti berakhir bersama waktu, tapi mereka tidak sadar…

  36. Pilkada paling biadab cuma era anis, nenek” ga pilih anis di bully sampai meninggal dan jenazahnya ga di sholatin sm pendukung anis, gila