Sampai Segitunya Mereka Memusuhi Anies Baswedan

Oleh Asyari Usman

Rezim zalim memusuhi Anies Baswedan tidak tanggung-tanggung. Detail dan retail. Dari semua sisi. Dan melibatkan sebanyak mungkin orang yang berada di lingkungan rezim.

Detail dalam arti semua hal yang terkait dengan Anies dimusuhi dan diganggu. Apa saja dijegal. Sampai ke hal yang kecil sekali pun.

Retail dalam arti semua kios (outlet) kekuasaan dikerahkan untuk memusuhi Anies. Mulai dari yang paling tinggi, menengah, sampai ke bawah. Dari kiri dan kanan, dari depan dan belakang. Semua diwajibkan memusuhi Anies.

Dahsyat dan luar biasa sekali. Penyelenggaraan balap Formula E tahun lalu (2022) adalah contoh kezaliman itu.

Dalam silaturahmi dengan pimpinan sebuah pesantren di Pasuruan, Jawa Timur, akhir bulan Mei, Anies menceritakan penjegalan tingkat tinggi terhadap Formula E. Tahun lalu, Anies mau menyiapkan sirkuit balap mobil listrik itu. Dia ingin melaksanakannya di halaman Monas. Tapi tidak diizinkan karena khawatir merusak cagar budaya di situ. Ok, tidak masalah.

Anies kemudian membuatnya di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Di sini, memang tidak ada masalah izin pemakaian. Namun, kedengkian yang dialami Anies malah lebih parah.

Ketika lintasan balap (track) mau dibikin, tidak ada satu pun penjual aspal campuran yang mau menjual kepada Anies. Semua agen aspal campuran itu mengatakan mereka tak berani menjual untuk Formula E. Mereka semua hanya bisa meminta maaf. “Mereka takut,” kata Anies.

Waktu penyelenggaraan makin dekat. Akhirnya, diputuskan untuk membuat sendiri aspal campuran yang diperlukan. Para insinyur harus bekerja keras.

Mereka membeli aspal curah. Kemudian ada yang harus pergi ke Jerman untuk membeli lem khusus. Lem ini harus ada sebagai campuran aspal Formula E itu.

Singkat cerita, lengkaplah bahan baku untuk pengaspalan track. Dicarilah tiga truk molen bangunan untuk mengaduk aspal curah dengan bahan-bahan lainnya itu. Karena memang molen umum itu tidak cocok untuk mengaduk aspal, akhirnya ketiga molen itu rusak.

Para teknisi menemukan cara lain untuk mengaduk aspal spesial itu. Terpasanglah aspal di lintasan balap. Pekerjaan pun usai. Tetapi, tidak berarti selesai.

Ada prosedur selanjutnya yang membuat Anies dan timnya berdebar-debar. Sirkuit baru itu akan diinspeksi oleh tim Formula E dari Inggris. Untuk memastikan sesuai standar atau tidak.

Alhamdulillah, evaluasinya di luar dugaan. Tim inspeksi puas. Lintasan (track) yang dibuat tanpa alat pengaduk aspal itu dinyatakan sebagai yang terbaik dalam penyelenggaraan Formula E.

Begitulah kisah penzaliman yang berakhir dengan sukses besar Formula E pertama di Indonesia. Meskipun Pertamina dan BUMN lain menolak menjadi sponsor.

Tahun lalu, Pertamina berkilah bahwa tidak ada produk mereka yang dipakai di Formula E. Masuk akal juga. Tapi, tahun ini (2023) Pertamina ikut menjadi sponsor Formula E setelah Anies tidak lagi menjabat gubernur DKI. Kok bisa begitu? Nanti kita tanya ke Dirut Pertamina.

Apa tujuan penzaliman Formula E semasa Anies tahun lalu? Supaya penyelenggaraannya berantakan. Mereka ingin reputasi Anies pun berantakan.

Ada satu lagi, hampir lupa. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ikut menyaksikan Formua E 2023 ini. Entah mengapa, dia tidak hadir dan juga tidak mau mempromosikan Formula E tahun lalu (2022).

Satu lagi, Anies tidak diundang panitia Formula E tahun ini untuk menonton. Wajar diundang, sebenarnya. Beliau beli sendiri tiket bersama keluarganya.

Sampai segitunya mereka memusuhi Anies Baswedan.[]

7 Juni 2023
(Jurnalis Senior Freedom News)

Beri Komentar

322 komentar

  1. Habis yg dukung Anis pada brengsek sih tukang fitnah caci maki koruptor kaum intoleran amin Rais Egi suginur FPI HTI.mana mungkin rakyat dan pemerintah mau dukung Anis

    1. Orang Atau Perusahaan Yang Propesional Mana Ada Cari Muka Mengeluhnya ke Pesantren Bro, Yang Merasa dibenci Itu Adalah sikap Kebencianmu Kepada Pemimimpin Kamu Sendiri…

  2. Jangan sampai dia jadi Presiden karena banyak musuh nanti akan perang terus seperti di daerah sanaaaaaaaa

  3. Awak tidak ada rasa kebencian yang mengangkut pribadi terhadap terhadap Bang Anies, Tapi yg tidak awak suka adalah orang2 yg berjubah Ulama dikisaran Anies

    Kekuatiran awak, jika Bang Anies mendapat ijin Allah utk menduduki RI, Ormas sampah HTI & FPI akan bangkit lagi & itu malapeta buat negeri ini

    1. GK usah bawa2 HTI FPI…emang Lo udh berbuat apa utk negeri ini…dgn izin Allah Anies jg bs jd presiden

  4. Santai aja bro gak ada yang menghalangi ajang formula e, ente aja yang terlalu benci sama pemerintah, jadi seolah2 menzalimi anies

  5. Anies ga di undang dan beli tiket sendiri itu cuma SETTINGAN, biar kelihatan di Zholimi…nyari simpatik..lalu naik ratingnya… Sudah terbaca…

  6. Yang musuhi anis sapa….ga ada mas bro. Krn itu ulah dari anis sendiri. Masyarakat dki udah pada cerdas.

    1. Hey…GK usah bilang2 kadrun…Dasar PKI emang gini amat …nenek motangmu jg dr Arab Sono,kecuali emang kau dari monyet manusia purba ala darwin pantas lah

  7. Yang zolim itu para kadrun gerombolan Anies!!
    Ngaca!! Tidak ada yng benar Pemerintahan Jokowi dimata kadrun!!
    Mereka para kadrun sebar fitnah,hoax, intimidasi dll..ngaca!!
    Atas nama agama si kadrun menzolimi orang lain yang tdk sejalan dngn mereka!!
    Ngaca drun!!

  8. Seperti harus dibalik, sebegitu bencinya kalian selama ini dengan Jokowi. Segala fitnah ditebar berkali kali terbukti hoaks tapi tetap merasa tak bersalah. Coba tengok apa yg salah dgn otak kalian. Hati dan akal sdh penuh kebencian. Omongan buruk apa yg kalian tebar sepanjang belasan tahun ke jokowi?

  9. Semua akan berakhir ditangan ALLAH SWT,.semoga pak Anies di beri kekuatan untuk menjadi RI1, aamiin…..

  10. Yg paling menJIJIKkan adalah SUMUR RESAPAN dibangun di TURUNAN dan di TANJAKAN.
    Mestinya di CEKUNGAN.

  11. Adab dalam berorganisasi apapun harus dikedepankan, ilmu tanpa adab akan melahirkan generasi pembenci dan pendengki tiada akhir

  12. Sampe segitunya….?
    Sampe segitunya jg membenci, hujat, hoaks, fitnah nya ke Jokowi. Siapa duluan?
    Sadar, ga… joroknya politik… untuk apa? Yaa demi kepentingan dan kekuasaan, mengalahkan hakikat politik, yaitu kemaslahatan umat.
    Mk jauhi sj politik. Lbh baik ilmu pengetahuan, bekerja, kreasi, dagang sj kaya tetangga sebelah.

  13. Terlalu didramatisir,..pdhal bukan benci dan dengki, tp memberikan feedback atas kinerja anies.. ga ada yg jegal anies,

  14. Apakah para buzeerrr Rp masih membela junjungan mereka yg begitu beringas dan zolim itu?

  15. Itulah kedengkian manusia tapi Allah tidak tidur dan mari kita hancurkan penzolim keparat itu.

  16. Memang seharus nya spt itu harus dilakukan untuk menyelamatkan negara dan bangsa. Terlalu sembrono dan tdk bertanggung jawab jika kita membiarkan orang rasis dan cenderung menunggangi agama sbg alat politik praktis sprt anis. Negara besar harus dipimpin org yg ber pikir besar, dan universal. Model sprt Anis boro2 jd presiden, ketua RW pun tdk pas. Pola berpikir dan sikapnya tdk Nasionalis. Tdk ada jaminan kelanggegan jika NKRI tdk mengusung dasar ideologi Pancasila. Sy tdk melihat anis kuat dalam hal itu. Ini bukan sinis individu, tp lebih ke hal cara pandang thdp bagaimana seorang calon pemimpin bangsa.

  17. Ohhh ini orang yang namanya Asyari Usman mantan Wartawan yang pernah ditangkap kasus penghinaan Ketum PPP…die lagi die lagi…??? hua..hua…hua die die juge…

  18. Ya Allah…ya Tuhan kami, beri petunjuk & hidayah kpd orang2 yg telah berbuat dzalim kpd Pak Anies….ampuni mereka, dan jika mereka masih berbuat dzalim maka LENYAPKAN DARI BUMIMU ini ya Allah….. mereka kejam maka kejamlah kepada mereka yg dzalim…..aamiin

  19. Orang jualan, itu blm tentu bisa memenuhi spesifikasi permintaan konsumen
    1.dari sisi kwalitas
    2.Waktu delivery
    Aspal, sirkuit itu khusus, bukan spt jalan yg biasa di buat sehari2
    Waktu yg sudah mepet, sy ingat tinggal 3 – 4 bulan..
    Ya sangat logis si penjual
    *ngapunten kulo mboten saged*

    Sy penjual/pedagang , jadi paham banget dengan spesifikasi khusus yg diminta konsumen dan waktu delivery …..

  20. Itulah bahayanya Politik identitas,membuat org yg kelihatan berpendidikan jadi bodoh,lihat saja…bagaimana mereka membela Wan Gabener habis2an,lha wong tinggal kasih data saja,apa prestasi Anis yg ngabisin anggaran 400 trilun selama dia berkuasa,kan mudah?!,tapi karna memang tdk ada prestasinya,selain merusak,lalu media2 dan Kadrun2nya pendukungnya coba membingkai,se olah2 Anis di zolimi…Anis mah gak ush di zolimi,nanti juga ambruk sendiri,emang bisa apa si Manis,selain bersilat kata! Adu data saja,nyatanya selama si manis memimpin gak cuma udara jkt yg makin buruk,kemiskinan naik,lebih bayar(untung ketahuan) bikin sumur resapan 80 juta/unit,pdhl 20 juta saja sdh lebih2,bikin patung bambu yg unfaedah,lalu mau banggain JIS,JIS itu peletakan batu pertamanya Jokowi,dianggarakan 2,2 T,naik berlipat ganda jadi 4,1 T dg bangunan kelas kambing(tdk lolos Fifa) ya adalah prestasinya bikin JPO lebih istagramamble,kalau cuma itu anak SMK bisa kerjakan bahkan lebih bagus,rumah dp 0% yg nipu?! Apalagi hayoo?!

  21. Spesifikasi dan waktu delivery , itu jadi kendala bagi penjual
    Aspal sirkuit itu khusus

  22. Perlu juga sangat jurnalis yg tidak independen ini menggali, semua peristiwa awal formulaE, barangkali ada juga yg menarik untuk dinikmati

  23. Hati” dengan orang Cerdik karena cenderung Lucik, orang Cerdas cenderung Culas dan orang pintar cenderung Bar bar. Ketiga orang ini dengan tingkat tinggi pandai memutar balikkan fakta. Dengan lemah lembut memperdaya orang memainkan kata yg seolah alim, sopan dan baik. Itulah perilaku iblis sangan pandai bersandiwara.

  24. Ya Alloh mudahkan Bpk Anis menuju istana sbg presiden ri, ya Alloh yg menguasai hati manusia, yg dpt memutarbalikan hati manusia, tunjukilah dn tuntunan mereka untuk tergugah memihak ke bpk Anis, aaamiiin

  25. Kenapa jadi cemen para pendukung Anis? Dulu saat pilkada DKI ada para jamaah masjid yg melarang masjidnya utk mensholati jenazah yg bukan pendukung Anis. Mereka sering jualan agama utk keuntungan politik

  26. Ass….saya sebenarnya simpati pada anis..wlu saya orang bawah terbawah lah….tp sayang anis itu pilihan nasdam.dan nasdem itu punya bpk surya palloh…pak surya palloh yg punya metro tv ..metro tv punya jurnalis. Nama pungki dan. Kawannya .nah jurnalis itu yg membuat saya hancur kehidupan saya saya saksi di PHK…gara2 viral di tv padahal klu tahu alur ceritanya di vidio itu SAYA hanya sebagai pelayan yg selama di kapal…kerja di perintah oleh botlir apapun kegiatan saya dan kswan2 saya. botlir atau kepala kerja yg perintah smuanya…tp kenapa dan kenapa saya yg jadi korban smua nya ini…di perusahaan saya…itu hanya cerita singkat saya keluhan saya…dan yg tidak tahu HUKUM.terimakasih mohon maaf..saya harus mengadu ke siapa lg.

  27. Ini salah satu cara supaya kelihatan kl dijegal. Faktanya survey terus anjlok. Cari cara lain lah yg bermartabat

  28. Ceritanya dan kejadiannya selalu sama..
    Yang terzholimi insyaallah jadilah pemimpinmu yang amanah..
    Semoga Allah ridho..

  29. Sudah sewajarnya….lihat kelakuan Anies saat menjatuhkan ahok dgn isu agama itu juga sangat keji….

  30. Seharusny kita semua mbuka hati & melihat kenytaany bgmn ??? Klo itu memng trjdi y rakyat yg waras brpkir jernih psti tau lhhh… semua psti telihat Allah yg mengatur..1. carilahh pmimpin ber iman beneran jng asal mndekati pemilu pkai kopyah dekati ulama hhh 2 teruji kejujurany 3. Krjany nyta terlihat relitany bukan hoax dibuat2 .. 4 bebas pengaruh Ketum Partai jdi sengsara wong cilik klo negara dikuasai disetir Ketum Partai

  31. Ok kalian boleh bnci anies, anies cinta Alloh dan Rosul, liat ja balesan kpd yg benci org yg mncintai Alloh dan Rosul. Silakan, ngaku islam bnci saudaranya, ane yakin andai rosul msh idup jg kalian hinakan. He2 cebong laknat

  32. Tapi memang Era Muslim..kontennya mulai dr Pilpres dulu ..selalu berseberangan dg Pemerintahan sekarang…hehe

  33. kita ikhlas mencintai pak jokowi,dan kita rakyat indonesia yang waras ikhlas menolak anis tanpa harus di bayar,kubu anis itu GR seolah olah pahlawan yg harus di hadang

  34. Saya kira tdk ada org memusihi Anies, kecuali masalah pribadi atau keluarga. Hal seperti itu lazim. Barangkali banyak anggota masyarakat n para politisi yg tdk suka Anies jadi calon apalagi presiden, krn mengingat track rekortnya pd saat dia calon n jadi gub DKI, termasuk masanya dia menduduki jabatan menteri pendidikan hanya dlm jangka waktu yg singkat. Semua hal ini jadi terpikir krn pencalonan Anies jadi presiden. Sekiranya dia tdk mencalonkan, org2 lain tdk akan ada perhatian kpdnya. Makanya, karena kerasnya tantangan yg dia hadapi, saya kira lebih gentle kalau mau mengurungkan niatnya. Kalau sempat dia lolos dari pencalonan ini, tingkat kegagalannya besar. Kalau dia terlanjur gagal terlalu besar kerugian materi n harga dirinya. Ingat Anies pd saat org lain membutuhkanmu mereka baik2 saja, tetapi begitu kau gagal, semua mereka akan meninggalkanmu. Ada pepatah org Batak : Kalau kita menang main judi semua bilang teman, tetapi begitu kalah, mereka bilang tdk kenal. Buat calon pemimpin ini ada gemblingnya. Pikirkan matang sebelum mengambil keputusan.

  35. Belajar intropeksi diri jgn selalu menyalahkan orang lain, blm tentu diri kita sempurna. Krn ego tinggi dan tdk selalu merasa salah serta perbuatan yg selalu menjual agama bt kepentingan politik saat pilgub. Skrng yg terjadi bentuk karma yg diperbuat kelompoknya tetap gak merasa salah dan tdk intropeksi diri dr kesalahan. Hrs sabar dan tetap rendah diri

  36. Makanya jadi orang jangan cuma ambisi yg dikedepankan dg segala cara. Tidak memperhatikan etika. Anis bagus seperti apapun akan tertutup oleh tindakan tdk terpuji pilkada 2017. Itu tdk bisa dilupakan sampai kapanpun