Sampai Segitunya Mereka Memusuhi Anies Baswedan

Oleh Asyari Usman

Rezim zalim memusuhi Anies Baswedan tidak tanggung-tanggung. Detail dan retail. Dari semua sisi. Dan melibatkan sebanyak mungkin orang yang berada di lingkungan rezim.

Detail dalam arti semua hal yang terkait dengan Anies dimusuhi dan diganggu. Apa saja dijegal. Sampai ke hal yang kecil sekali pun.

Retail dalam arti semua kios (outlet) kekuasaan dikerahkan untuk memusuhi Anies. Mulai dari yang paling tinggi, menengah, sampai ke bawah. Dari kiri dan kanan, dari depan dan belakang. Semua diwajibkan memusuhi Anies.

Dahsyat dan luar biasa sekali. Penyelenggaraan balap Formula E tahun lalu (2022) adalah contoh kezaliman itu.

Dalam silaturahmi dengan pimpinan sebuah pesantren di Pasuruan, Jawa Timur, akhir bulan Mei, Anies menceritakan penjegalan tingkat tinggi terhadap Formula E. Tahun lalu, Anies mau menyiapkan sirkuit balap mobil listrik itu. Dia ingin melaksanakannya di halaman Monas. Tapi tidak diizinkan karena khawatir merusak cagar budaya di situ. Ok, tidak masalah.

Anies kemudian membuatnya di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Di sini, memang tidak ada masalah izin pemakaian. Namun, kedengkian yang dialami Anies malah lebih parah.

Ketika lintasan balap (track) mau dibikin, tidak ada satu pun penjual aspal campuran yang mau menjual kepada Anies. Semua agen aspal campuran itu mengatakan mereka tak berani menjual untuk Formula E. Mereka semua hanya bisa meminta maaf. “Mereka takut,” kata Anies.

Waktu penyelenggaraan makin dekat. Akhirnya, diputuskan untuk membuat sendiri aspal campuran yang diperlukan. Para insinyur harus bekerja keras.

Mereka membeli aspal curah. Kemudian ada yang harus pergi ke Jerman untuk membeli lem khusus. Lem ini harus ada sebagai campuran aspal Formula E itu.

Singkat cerita, lengkaplah bahan baku untuk pengaspalan track. Dicarilah tiga truk molen bangunan untuk mengaduk aspal curah dengan bahan-bahan lainnya itu. Karena memang molen umum itu tidak cocok untuk mengaduk aspal, akhirnya ketiga molen itu rusak.

Para teknisi menemukan cara lain untuk mengaduk aspal spesial itu. Terpasanglah aspal di lintasan balap. Pekerjaan pun usai. Tetapi, tidak berarti selesai.

Ada prosedur selanjutnya yang membuat Anies dan timnya berdebar-debar. Sirkuit baru itu akan diinspeksi oleh tim Formula E dari Inggris. Untuk memastikan sesuai standar atau tidak.

Alhamdulillah, evaluasinya di luar dugaan. Tim inspeksi puas. Lintasan (track) yang dibuat tanpa alat pengaduk aspal itu dinyatakan sebagai yang terbaik dalam penyelenggaraan Formula E.

Begitulah kisah penzaliman yang berakhir dengan sukses besar Formula E pertama di Indonesia. Meskipun Pertamina dan BUMN lain menolak menjadi sponsor.

Tahun lalu, Pertamina berkilah bahwa tidak ada produk mereka yang dipakai di Formula E. Masuk akal juga. Tapi, tahun ini (2023) Pertamina ikut menjadi sponsor Formula E setelah Anies tidak lagi menjabat gubernur DKI. Kok bisa begitu? Nanti kita tanya ke Dirut Pertamina.

Apa tujuan penzaliman Formula E semasa Anies tahun lalu? Supaya penyelenggaraannya berantakan. Mereka ingin reputasi Anies pun berantakan.

Ada satu lagi, hampir lupa. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ikut menyaksikan Formua E 2023 ini. Entah mengapa, dia tidak hadir dan juga tidak mau mempromosikan Formula E tahun lalu (2022).

Satu lagi, Anies tidak diundang panitia Formula E tahun ini untuk menonton. Wajar diundang, sebenarnya. Beliau beli sendiri tiket bersama keluarganya.

Sampai segitunya mereka memusuhi Anies Baswedan.[]

7 Juni 2023
(Jurnalis Senior Freedom News)

Beri Komentar

322 komentar

  1. Sampai segitu nya bikin tulisan seperti ini, saya yakin anda cerdas dan punya logika yg bagus , tapi kenapa saat anda mendukung Anis , pikiran dan logika anda yg bagus seperti air comberan yg sangat kotor dan keruh.

    1. Betul, sangat menjijikan. Menyebarkan opini buruk terhadap lawan politik atas dasar fitnah yang tidak jelas kebenarannya. Saya bingung para simpatisannya kok mudah sekali percaya narasi macam isi artikel ini.

    2. Tentu….
      Orang sedungu itulah yg tidak mendukung salah satu Putra Bangsa yg mumpuni utk menjadi Pemimpin.
      Tinggal pikiran anda bersihkan dari iri, dengki , kebencian dan Islamophobia.
      Mudah2an bisa menambah kecerdasan anda.
      Tinggalkan comberan kotor, bersihkan dengan air bersih, embun ataupun salju.
      Semoga Hidayah bisa datang kepada anda.

  2. Dulu di 2017…sampai begitu nya mereka ke Ahok. Sekarang bilang begitu, cuma cari simpatik saja. Tuhan boten sare

    1. Huaa…haha…warga +62:lebih cerdas dari waraga JKT52……tulisan hanya akan menambah daftar off side dari sisi isi brading Anies….dan itu semakin diperparah oleh Anies sendiri yg gagal menempatkan diri sebagai sosok capres sbg anti tesisi JKW…off side dng pidatonya sendiri….akhir partai pengusung harus membersihkan aneka ragam bahan rujak-an warga +62….yg tidak di perkiran Anies….akan merujak Anies begitu hebatnya…..

      1. Otak sisi kiri ngk singkron dg otak sisi kanan jdinya ngomong ngedabrus tak bermutu menuju dungu

    2. Zaman nabi sudah ada abu lahab,,firaun,dll pasti ada turunan yg mengganti nya sampai akhir zaman…bro biar aja nanti ada balasan nya

      1. Aduhh, comen nya semua kok saling anu.. Marilah kita sama sama introspeksi, mempercepat semua pembangunan untuk masa depan bangsa

        1. Cara paling ampuh ya merasa di zolimi. Toh dikawasan monas pohon2 ditebang juga, lingkungan sdh rusak, ga jelas kemana pohon2 itu dijual. Formula E, ga jd di gelar di Monas. Soal aspal juga bohong. Edaaan. Ya beritanya smp segitunya supaya anies dpt simpati

      2. Betul, otaknya anis gak waras, korupsi dibilang kelebihan bayar, gitu masih ada yg mau membela, dasar kadrun otaknya gak waras.

  3. Cara lama Partai pendukung Anies dkk dgn issu2 keagamaan dan slalu berkata penzoliman , dan hanya degn itulah harapan mereka bisa menang dlm pemilu…karena secara fakta kerja dan kredibilitas ga bisa menang .
    Adalah bukti di DKI tidak ada hasil…anggaran banyak keluar untuk balas jasa sang gubnr ..warga Jakarta saksi ..Jakarta nihil pembangunan yg ada pengrusakan ,banyak jalan bagus rusak sedang yg rusak tak kunjung diperbaiki..semoga orang2 cerdas bisa memahami. Sy orang netral.

    1. Orang klw mata nya PICEK & OTAK DI DUBUR LAGI TELER ABIS MINUM KENCING KODOK SEPERTI SI @Udict ini contoh nya betapa GUOBLOK NYA DIA AKIBAT KEBANYAKAN MINUM KENCING KODOK

    2. Anda bilang di DKI pak Anies gk brhasil?! brarti anda hidup ditengah hutan belantara yg cuma mengandalkan informasi yg dtg dr orang2 disekitar anda yg kebetulan benci ma pak anies, aku ini hidup dijkaarta dan dgn mata kepalaku sendiri melihat keberhasilan pak anies memimpin DKI, cok!!! Sekali2 maen ke ibulota dan liat peninggalan pak anies yg blm dusnahkan ma siheru tuh!!!

    1. Setuju.baca data jalan yg dibangun oleh pak jokowi dibanding dg pak SBY, eh datanya salah. Yg disalahkan media. Timnya kemana? Cek n ricek ga ya. Dan sll yg disalahkan org lain. Ga punya modal positive utk dikatakan dpn publik utk mengangkat namanya.

      1. Lanjut sis, kita sepaham??aku warga jakpus yg kecewa bgt dgn kepemimpinan AB yg cuma bnyk kata, dan pinter nge-les
        Heran aku sama org yg msh mau dukung dia, padahal gabener ancur2an yg hobi lari dari kenyataan????

  4. Gk ada yg memusuhi dia, justru dia sendiri yg akhir2 ini pidatonya, menjelekan, memusuhi hasil kerja pemerintah……jng merasa di dzolimi…trus kalau tidak terpilih triak2 merasa di curangi….

  5. Saya juga heran….. Hampir teman temannya bahasanya sama dalam melihat anies… Apakah disekolahkan atau di breefing sehingga tak ada secuilpun kebaikan yang ada pada anies…. Apakah mereka masa sempurna.. Setiap pemimpin pasti ada celah kekurangan cobalah intropeksi diri masing masing apa yang sudah diperbuat buat Indonesia

      1. Gue ISLAM.. Gue sedih karena ketika gue mensyukuri nikmat Tuhan atas banyak sekali perubahan kearah kebaikan diera Jokowi memimpin negeri ini, malahan jokowi di hina, difitnah oleh kebanyakan orang islam juga.. awas ya.. kalau Allah menganggap kalian kufur nikmat… azab Allah pedih lho…

  6. Sama saja. Berita di metro punya Nasdem juga gencar bernarasi agar publik tergiring bahwa pemerintahan sekarang bobrok

  7. Strategi Playing Victim.?
    Lebih parah lagi yg diterima dan dirasakan oleh Pak Jokowi selama 2 periode memimpin negeri ini, dari segala arah ingin dijatuhkan, Tuduhan, fitnahan, hinaan tidak tanggung2, dari siapa itu.? Tapi terus jalan membangun negara, hasilnya bisa dimanfaatkan rakyat Indonesia
    Penolakan normalisasi sungai demi mengurangi banjir yg parah di DKI apakah itu bukan termasuk penjegalan program.pemerintah dlm.melindungi rakyatnya dari ancaman banjir?

  8. Kenapa begitu? Tidak lain tidak bukan karena Anies kena karma..dia makan karma Ahok sewaktu Pilgub dulu dia dan para pendukungnya zolimi Ahok… sadar!

  9. Bkn dimusin bro…
    Tp mmg kalianlah yg terlalu memaksakan anies..Jelas2 ga berbobot masak hrs jd presiden. Cukuplah kalian jadikan gubernur.walaupun hancur jakarta dibuatnya

  10. Itu bukan bentuk penzoliman, ttp apa yg sdh Anies tabur, itulah yg dia tuai. Contoh manusia yg TDK bisa bekerja, hanya main tata kata

  11. Kayaknya narasi narasi lama kini bermunculan kembali.berkompetisilah secara benar dan jangan saling menyalahkan.saya. yakin seyakin²nya anda semua orang² hebat.jadikan kepntaran kehebatan bapak² semua untuk tidak saling menuduh,membenci rakyat seperti saya bosan pak.

  12. Menyebarkan opini buruk terhadap lawan politik atas dasar fitnah yang tidak jelas kebenarannya. Saya bingung pengikutnya ini kok mudah sekali percaya narasi seperti isi artikel ini.

  13. Tulisan yg sangat provokator
    Coba dicek dan lihatblavi apa sih yg bisa dibanggakan hasil.kerja nya anis
    Rumah DP nol bag
    Resapan air bag
    Revitalisasi sungai ciliwung bag
    Cu.a buat JIS saja hasil nya dan Formula E yg memghabiskan uang triliunan tanpa hasil yg sepadan.
    Sangat miris melihat tulisan yg hanya berbsiskan nalar saja..

  14. Kok rezim yg disalahkan? Masyarakat pada umumnya dan warga DKI khususnya tau kualitasnya anies yg sangat buruk saat menjabat kepala daerah di DKI dimana tak ada pembangunan yg strategis dan bermanfaat buat warga DKI dalam jangka panjang justru yg ada hanyalah pengrusakan hasil pembangunan yg sudah dilakukan di era kepala daerah sebelumnya jadi merekalah masyarakat yg sangat takut bila anies kelak menjadi presiden. Masyarakat tau bagaimana rusak dan hancurnya negeri ini bila dia terpilih. MIKIR BONG..!!

    1. Masa seh…., sbenarnya bingung juga prestasi Jokowi yg d rasakan masy luas itu apa seh…, semua serba hutang, geto aja bangga, mikiiir….!!!

  15. Sama seperti segitunya Anies manfaatkan kelompok tertentu mnggulingkan Ahok,…impas dah skrng, jdi bercerminlah mengapa Anies skrg bnyk yg demen, brn kt pepatah bhw benih yg ditanamkan tak kan tumbuh dg tanaman lain, NIKMATI AJA SEKARANG HSL PERBUATAN LU KEMAREN. .?

  16. Usaha ikhlas pasti banyak cobaan tp insya Alloh hasilnya max dan maknyok. Semangat pa Anis utk indonesia sejahtera Aamiin

  17. Bentar bentar bilang dizolimin..tau ga si artinya..kalo janji lupa terus boong yg dizolimin siapa ya pak..proyek rumah 0% terus JKT bebas banjir dengan sumur..maaf yg jual campuran aspal ga mau jual karena uang nya cuma janji DP juga ga ad..sarap

  18. Anies binaan amerika dibalik amerika ada bangsa Yahudi Israel zionis musuh abadi umat muslim yg berniat meruntuhkan al aqsa mosque yg menjdi awal kiblat umat muslim apakah anda akan mendukungnya auzubila minzalik

  19. Penulis sbg pendukung anies lg menari bermain playng victim..tdk ada yg memusuhi anies. Yg perlu dicatat permainan politik anies dilandasi dg 2 hal mendasar. Pertama bermain dg politik identitas (spek agama) hal ini bs menghipnotis kel umat tertentu. Kedua anies senang bermain dg kata2 manis.utk menyembunyikan kebohongannya (contoh yg terkenal ad. air hujan sunatullah hrs msk ke bumi) ini sdh di bantah dg ahli hidrologi…kmudian anies senang membuat constrain kebijakan pemerintah pusat. Mslh Ciliwung. Monas, Tritoar di Tn abang n Penggunaan APBD utk Formula E…masya Alloh..

  20. Tang jelas semua media Rezim..digerakan untuk menghancurkan Pak Anies terutama Buzzer yang dibayar untuk berkomentar Jahat

  21. Kasihan, udah cape2 mikir buat analisa malah banyak yg bully…balik kelonan sama istri dirumah aja , gak usah mikirin nasibnya anus..eh anis ??

  22. Kalau bukan lejim yg disalahin lalu siapa tukang bakso yg di salahin….wk wk wk kkkk

  23. Lagi coba mengamalkan jurus andalan suhu dari partai kongsinya yaitu jurus ” Playing Victim” apa iya masih sakti jurus itu saat ini ?

  24. Realitanya mayoritas rakyat Indonesia tidak menyukai Anies…..ini adalah fakta….mereka menamakan dirinya koalisi perubahan….perubahan apa ?…. Indonesia sdh bagus, mau dirubah apanya ??….bulshit lah…..3 partai yang mengusungnya juga punya rekam jejak partai korup para petinggi partainya….kurang apa lagi bobroknya mereka…

  25. Tidak ada yang benci dengan Anies sebagai manusia nya ,tapi kinerjanya yang tidak bagus ,jadi jangan diputarbalikkan

  26. Yang memulai permusuhan siapa? Ya Anies… Anies bukan Orang Indonesia Asli, dia itu dr keluarga org yaman yg di naturulisasi, dia itu binaan Yahudi, dia itu antek2 nya Amerika, wajar klo dia ingin orang muslim saling bermusuhan, dia ingin Indonesia terpecah belah, wajar klo orang Indonesia Asli pada memusuhi.

  27. Rezim skrg kan komunis smntara pak Anies adalah umat islam yg ta’at jd mereka gak mau islam kembali menguasai/memimpin megri ini krn ingin melanggengkan kekuasaannya, segala cara akan dilegalkan !!!

  28. Yakinlah bahwa semuanya ada hikmahnya. Doa orang yg terdzalimi akan di ihabHah oleh Allah dan di dengar oleh para malaikat. Jika Allah menghendaki maka semua tipu daya manusia dzalim akan musnah

  29. Sdh sy duga….politik play victim pasti muncul….padahal tidak sedikit orang punya image yg berbeda soal sepak terjang politisi….termasuk “pribadi” yg duduk di pemerintahan….tapi itu bukan berarti mayoritas mengabailan prinsip fairness dan kejujuran

  30. Halah embuhlah….wallahu alam bisawab….. kebenaran dan kesempurnaan hanya milik Allah…..