Begini 3 Cara Media Barat Lindungi Kebiadaban Zionis Israel

Chomsky mengajak untuk membaca ulang kamus itu. Sebagai contoh, proses perdamaian berarti usulan perdamaian yang diajukan Amerika Serikat. Usulan negara-negara Arab kerap disebut penolakan.

Makna kata penolakan dan usulan dipermainkan dan didefinisikan menurut kepentingannya, padahal keduanya sama. Dengan pengendalian makna kata tersebut, akan lahir rasa simpatik pada  Amerika Serikat karena bersusah payah menciptakan perdamaian sekaligus membenci masyarakat Arab yang menolak perdamaian.

Jadi, bila menerima usulan  Amerika Serikat maka disebut moderat, namun bila menolak maka disebut ekstrimis. Ketika kita meng-klik kata ekstrimis maka akan keluar data Hamas dan Iran, misalnya.

Kedua, eksploitasi rasa bersalah Barat terhadap penindasan, penganiayaan dan pembunuhan atas orang-orang Yahudi Jerman oleh Hitler menjelang Perang Dunia II. Rasa bersalah tersebut, menimbulkan perasaan simpatik, bahkan dukungan terhadap zionisme yang cenderung memunculkan sikap pengabsahan terhadap segala pemberitaan dan tindakan pro-Israel.

Ketiga, eksploitasi kebencian. Media massa Amerika Serikat dan Barat cenderung mendramatisasi peristiwa yang dianggap merugikan dan mengancam kepentingan mereka, seperti embargo minyak bangsa Arab, serta penyanderaan warga AS di Iran pasca-revolusi. Hal-hal yang langsung menyangkut kepentingan  Amerika Serikat dan zionisme di-blow up menjadi isu sentral media massa yang bertujuan menumbuhkan ketersinggungan dan kebencian terhadap bangsa Arab atau Iran.

Pada dasarnya, media massa zionis memperaktikkan manajemen cinta-benci, yakni bila ada arus masyarakat yang bertentangan dengan mereka, maka akan dicaci maki secara membabi buta. Namun, bila mendukung dan melawan musuh mereka, maka mereka dukung habis-habisan.

Bangsa Palestina adalah bangsa yang ditindas, dizalimi, bukan hanya oleh kolonialisme militer Israel tapi juga oleh arus pemberitaan dan informasi yang menyudutkan. Sikap kritis terhadap pemberitaan dan informasi yang bersumber dari  Amerika Serikat dan Barat, serta penggalangan solidaritas menjadi suatu keniscayaan bagi tiap individu yang bernurani. (rol)