Dampak Kemenangan Gaza? Ehud Barak Mundur…

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan pada Senin bahwa ia telah berhenti dari dunia politik, sebuah keputusan mengejutkan yang memperdalam ketidakpastian mengenai bagaimana Israel menghadapi peperangan lebih lanjut dengan Gaza.

Pada konferensi pers yang buru-buru, menurut Reuters, ia mengatakan tidak akan menjadi kandidat dalam pemilihan umum yang diperkirakan partai Likud pimpinan Netanyahu bakal menang.

Mantan jenderal berusia 70 tahun itu mengaku akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Namun, ia siap untuk memberikan nasihat kepada perdana menteri berikutnya jika diminta.

Netanyahu dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa ia menghormati keputusan Ehud Barak dan mengucapkan terima kasih atas kerja samanya dalam pemerintahan serta sangat menghargai kontribusinya selama ini terhadap keamanan negara.

Barak telah menjadi menteri pertahanan sejak 2007 dan menjabat sebagai perdana menteri dari 1999 hingga 2001. Ia memilih keluar dari politik setelah dalam pemilihan umum dikalahkan Ariel Sharon dari partai Likud. (ant)