Diplomat Senior AS: Trump Tidak Akan Umumkan Transfer Kedutaan ke Al Quds Dalam Kunjungannya Mendatang

Eramuslim – Diplomat senior Amerika Serikat menekankan bahwa Presiden Donald Trump tidak akan mengumumkan perpindahan transfer Kedutaan Besar AS dari ibukota Tel Aviv ke kota Al Quds dalam kunjungannya ke wilayah pendudukan pada 22-23 Mei mendatang.

“Dia (Trump) tidak akan mengumumkan transfer keduataan ini selama berkunjung ke wilayah pendudukan Zionis Israel, meskipun ini masih menjadi tujuan utama dari Presiden AS,” ujar sumber yang minta dirahasiakan identitasnya kepada Reuters pada hari Rabu (17/05).

Pejabat tersebut melanjutkan, “Keputusan ini diambil Trump agar tidak mempersulit upaya pemerintah untuk melanjutkan proses perdamaian antara entitas Zionis Israel-Palestina dengan pengumuman transfer kedutaan AS.”

Tercatat dari banyak sekutu entitas Zionis Israel di seluruh dunia, hanya Amerika Serikat sendiri yang mendukung perpindahan ini. Sedangkan sekutu lainnya menentang transfer kedutaan AS ke kota Al Quds, Palestina.

Menurutnya, Trump masih berkomitmen menepati janjinya untuk memindahkan kedutaan besar AS ke kota Al Quds, “Akan tetapi dia tidak berniat untuk mengumumkan langkah ini selama kunjungannya ke entitas Zionis Israel pekan mendatang.” (Dostor/Ram)