PBB: Jutaan Anak-Anak Kelaparan di Afrika

Eramuslim – Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan bencana kemanusiaan yang akan menimpa Somalia, Nigeria dan Yaman, setelah ketiga negara konflik tersebut di ambang kelaparan akibat krisis pangan.

“Somalia, Nigeria dan Yaman sedang menghadapi bencana kemanusiaan yang sama dialami Sudan Selatan,” ujar Badan PBB untuk Anak-Anak dalam keterangan resminya pada hari Selasa (21/02). Satu hari setelah negara Sudan Selatan mengumumkan secara resmi bencana kelaparan.

UNICEF memperkirakan sekitar satu setengah juta anak-anak beresiko kelaparan di keempat negara tersebut.

Untuk Somalia UNICEF mendapati hampir setengah dari penduduk Somalia membutuhkan bantuan kemanusiaan segera, dimana 185 ribu anak-anak Somalia menghadapi kelaparan. Jumlah ini akan meningkat menjadi 270 ribu jiwa selama beberapa bulan ke depan.

Sementara di Nigeria terdapat sekitar 450 ribu anak-anak di kawasan timur laut diambang bencana kelaparan akibat tidak ada akses bagi lembaga kemanusiaan untuk mengirimkan bantuan ke wilayah tersebut.

Sedangkan di Yaman dunia saat ini sedang menyaksikan peningkatan gizi buruk selama 2 tahun terakhir akibat pemberontakan berdarah kelompok Syiah Houthi. Tercatat ada sekitar 462 ribu anak-anak di negara ini menderita gizi buruk. (Bbcarabic/Ram)