PBB: Sepanjang 2014 Lebih Dari 15.000 Warga Sipil Tewas Akibat Perang Islam-Syiah

perang irakEramuslim – Senin 13 Juli 2015, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa konflik sekterian Islam vs Syiah di Irak sepanjang tahun 2014 kemarin telah menelan korban jiwa lebih 15 ribu warga sipil, dan 30 ribu lainnya terluka.

Dalam laporan resmi dengan judul “melindungi warga sipil dari konflik sekterian di Irak”, PBB mendapati bahwa konflik di tahun 2014 juga telah memaksa lebih dari tiga juta orang mengungsi dari daerah rumah mereka menghindari pertempuran.

“Jumlah ini mungkin tidak mencerminkan jumlah sebenarnya korban tewas dan terluka selama tahun 2014, disebabkan laporan tahunan kali ini hanya mencakup para korban yang berhasil dihimpun Organisasi Internasional untuk hak asasi manusia,” seperti tertulis dalam laporan PBB.

Selain itu dalam laporannya PBB meminta dengan tegas kepada pasukan pemerintah Syiah Irak beserta anggota koalisi internasional dan organisasi Negara Islam untuk tidak menjadikan kawasan pemukiman dan warga sipil sebagai area peperangan.

Perlu diketahui bahwa konflik Irak di picu sikap diskriminatif pemerintah Syiah terhadap warga Sunni Irak yang dilakukan oleh Nouri Maliki selama menjabat sebagai perdana menteri dari tahun 2006 hingga 2014. (Rassd/Ram)