Pentagon Akan Latih dan Persenjatai 1.200 Pejuang Moderat Suriah

SYRIA-CONFLICTEramuslim – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengumumkan bahwa AS dan sekutunya akan mulai pelatihan 1.200 pejuang moderat Suriah (Pro Barat) pada awal bulan Maret mendatang.

Dalam pengumumannya pada hari Rabu (18/02) kemarin, jubir Pentagon John Kirby mengatakan, “Ada sekitar 1.200 pejuang moderat Suriah (Pro Barat) akan berpartisipasi dalam program ini. Dimana mereka akan dilatih? Saya tidak memiliki informasi mengenai hal tersebut.”

Pentagon menjelaskan bahwa mereka yang akan bergabung adalah yang terpilih dan lolos dalam program audit pemilihan pejuang pejuang menggunakan basis data pemerintah AS, serta informasi intelijen dari mitra Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Pentagon menargetkan akan melatih 5.000 pejuang moderat Suriah setiap tahunnya, untuk membantu memerangi tentara pemerintah Suriah dan mujahidin Negara Islam.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, pemerintah Amerika Serikat dan Turki sepakat untuk melatih ribuan pejuang Suriah di wilayahnya, guna mempercepat penggulingan pemerintah Syiah Bashar Al Assad. (Skynewsarabia/Ram)