Pilot Jet Sukhoi Rusia Tewas Ditembak Tentara Turkmen

pilotEramuslim.com – Jet tempur Rusia SU-24 ditembak jatuh F-16 Turki di wilayah perbatasan Turki-Suriah, Selasa (24/11). Pilot dan co-pilot Rusia sempat melepaskan diri di udara dengan kursi pelontar dan parasut sebelum pesawat jatuh ke tanah. Namun, prajurit Rusia ini ditembak mati oleh Pejuang Suriah.

Pasukan pejuang Suriah telah mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tubuh pilot itu ditemukan. Wakil komandan brigade Turkmen, terletak dekat dengan tempat pesawat jatuh, mengatakan pilot Rusia ditembak mati saat terjun dari pesawat.

“Kawan-kawan kami menembaknya ketika masih di udara dan mereka sudah mati ketika menyentuh tanah,” katanya. “Mereka … meninggal di udara.”

Sebuah helikopter Rusia juga ditembaki saat melakukan pencarian dua pilot dekat perbatasan Turki-Suriah, kelompok oposisi di Suriah mengatakan.

Rusia telah menggelar operasi udara di Suriah sejak akhir September lalu untuk mendukung rezim teror syiah Bshar al-Assad yang hampir tumbang. Mereka mengaku menggelar operasi militer untuk menghancurkan ISIS. Namun yang jadi korban kebanyakan warga sipil dan para pejuang/oposisi Suriah. Rusia dilaporkan telah membunuh lebih dari 500 anak-anak dan warga sipil Suriah, namun dunia diam saja tidak seheboh seratusan warga Perancis ketika dibunuh teroris beberapa waktu lalu. (ts)