Prediksi Suram Bill Gates untuk Pandemi Berikutnya: Dunia Belum Siap

Gates juga mengkritik penanganan pandemi corona yang tidak merata di seluruh dunia. Menurutnya saat ini terjadi ketidaksetaraan penyebaran vaksin corona antara negara-negara berpenghasilan tinggi dan rendah.

Ia mencontohkan, sekitar 49 juta dosis vaksin COVID-19 diberikan pada paruh pertama tahun 2021 di Afrika, sementara, di California yang wilayahnya lebih kecil dapat mengumpulkan 43 juta dalam jangka waktu yang sama.

“Vaksin COVID-19 adalah prestasi luar biasa dari R&D, tetapi agar dapat efektif ketika semua orang memiliki akses ke vaksin tersebut. Ketidaksetaraan mengingatkan kita bahwa ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan,” kritiknya.

Yayasan Bill and Melinda Gates Foundation sendiri telah memberikan bantuan sekitar 1,75 miliar dolar AS untuk memerangi pandemi virus corona, termasuk dana untuk penelitian dan pembuatan vaksin, bantuan untuk tenaga kesehatan, langkah-langkah pencegahan, dan upaya pengobatan di seluruh dunia.

Gates juga terlibat dalam fasilitas COVAX, yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI), bertujuan untuk mengamankan 2 miliar dosis vaksin untuk negara-negara berpenghasilan rendah pada akhir tahun 2021. [Kumparan]