Punya Bukti Ilmiah, Pakar Virus China ini Klaim Corona Berasal dari Laboratorium Wuhan

Eramuslim.com – Seorang ahli virologi China yang dilaporkan bersembunyi karena takut akan keselamatannya telah kembali muncul ke hadapan publik. Ia bahkan mengklaim punya bukti ilmiah yang menunjukkan COVID-19 adalah buatan manusia di laboratorium China.

Dilansir dari New York Post, Dr Li-meng Yan merupakan ilmuwan yang mengklaim melakukan sejumlah penelitian paling awal tentang COVID-19 tahun lalu. Ia pun buka suara pada Jumat (11/9) dalam wawancara di sebuah acara bincang-bincang Inggris, ‘Loose Women’.

Saat ditanya dari mana asal virus corona berasal, Yan menjawabnya melalui aplikasi obrolan video daring dari lokasi rahasia.

“Itu berasal dari laboratorium di Wuhan. Laboratorium itu dikendalikan oleh pemerintah China,” klaimnya.

Ia menegaskan laporan luas yang menyebut virus itu dari pasar basah Wuhan hanyalah ‘kedok’.

“Pasar (daging) di Wuhan adalah kedok dan virus ini bukan dari alam,” sambungnya.

Yan menjelaskan ia mendapat ‘kecerdasannya’ dari para dokter di CDC China. Ahli virologi ini menuduh Beijing berbohong saat mengetahui virus pembunuh itu dan menutup-nutupi yang dikerjakan Yan.

Menurut keterangannya, mantan supervisornya di Sekolah Kesehatan Masyarakat Hong Kong, sebuah laboratorium rujukan untuk WHO, membungkamnya saat Yan memperingatkan penularan dari manusia ke manusia pada Desember tahun lalu. Di bulan April, ia dilaporkan melarikan diri ke Hong Kong lalu ke Amerika untuk meningkatkan kesadaran soal pandemi. Kini ia mengatakan berencana merilis bukti ilmiah bahwa virus itu dibuat di dalam laboratorium Wuhan.