Reaktor Nuklir Indian Point di Utara New York Meledak, Namun Dikabarkan Aman

9d3d2f76-2f38-4538-9845-a44a6b6c6729Eramuslim.com – Sebuah ledakan keras mengguncang fasilitas nuklir AS di New York, memicu kekhawatiran di seluruh negeri. PressTV melaporkan ledakan terjadi pada Sabtu (9/5) waktu setempat, terjadi di fasilitas reaktor nuklir Indian Point di bagian utara New York.
Entergy Corporation, pengelola reaktor, mengatakan bagian yang terkena ledakan aman saat dimatikan. Secara keseluruhan kondisi stabil.
Media AS melaporkan tidak ada kerusakan reaktor, bagian paling penting fasilitas nuklir. Pihak berwenang mengatakan tidak ada korban jiwa.

“Unit 3 reaktor ditutup setelah ledakan, tapi Unit 2 masih beroprasi,” ujar Jerry Nappi, juru bicara Entergy Corporation, kepada wartawan.
“Tidak ada ancaman terhadap keselamatan publik,” Nappi melanjutkan.
Penduduk di sekitar reaktor, yang menyaksikan ledakan, mengatakan ledakan diikuti api ada asap tebal.
Reaktor nuklir Indian Point dibantun tahun 1962, tapi pengoperasian baru dilakukan tahun 19700an. Reaktor ini menghasilkan 25 persen kebutuhan listrik New York City, dan pinggiran kota di negara bagian lainnya.
Lebih 1.600 orang bekerja di reaktor yang menghasilkan 2.000 megawatt listrik per tahun. Sampai berita diturunkan belum ada kabar terbaru soal penyebab ledakan ini. (rz)