free hit counters
 

Rusia Sesumbar Klaim Berhasil Tewaskan Abu Bakar Al-Baghdadi

zahid – Jumat, 16 Juni 2017 19:00 WIB

Eramuslim – Jumat 16 Juni 2017,Departemen Pertahanan Rusia mengklaim berhasil menewaskan pimpinan Organisasi Negara Islam (IS), Abu Bakar Al-Baghdadi, dalam sebuah serangan udara di kota Raqqah pada bulan Mei kemarin.

“Ada informasi yang menunjukkan pemimpin organisasi Abu Bakar Al-Baghdadi tewas oleh salah satu serangan pasukan udara Rusia,” ujar Dephan Rusia dalam pernyataan persnya seperti dilansir sejumlah media.

Pernyataan itu mengklaim bahwa Al-Baghdadi tewas saat jet Rusia menargetkan tempat pertemuan para komandan ISIS pada 28 Mei lalu. Lebih dari 300 anggota ISIS, 30 di antaranya komandan, tewas dalam serangan ini.

Negara sekutu utama rezim Suriah itu melanjutkan bahwa pertemuan itu diyakini membahas rencana keluar dari Raqqah melalui Koridor Selatan.

Dephan Rusia melanjutkan, “Berdasarkan data yang kami kumpulkan dari berbagai sosial media, pemimpin IS Ibrahim Abu Bakar Al-Baghdadi hadir dalam pertemuan tersebut.”

Serangan itu dilakukan oleh jet jenis SU-35 dan SU-34 di sisi selatan Raqqah. Operasi udara ini sudah dikoordinasikan dengan koalisi pimpinan AS.

Selain Abu Bakar Al-Baghdadi, petinggi IS tewas lainnya adalah Abu Al-Haj Al-Misri (pemimpin IS Raqqa), dan Kepala Dinas Keamanan ISIS, Sulaiman Asy-Syawakh.

Di sisi lain, koalisi internasional pimpinan AS mengatakan bahwa pihaknya belum dapat mengonfirmasi kebenaran berita Rusia tersebut. (Kiblat/Ram)

Resensi Buku : Telah Terbit Edisi 9 cet 3, Eramuslim Digest, Untold History Sejarah Indonesia Pra Islam Hingga Abad 19

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus