Sederet Profesi Ini Bisa Diganti Robot, Pekerjaan Anda Termasuk?

6. Teller dan Pegawai bank

Di masa depan atau mungkin sudah terjadi saat ini, banyak orang yang tidak lagi pergi ke bank untuk melakukan aktivitas seperti penyimpanan uang.

Transaksi keuangan termasuk pengembangan Bitcoin membuat transaksi bisa dilakukan dari perangkat sendiri tanpa perlu lagi datang ke bank. Ini juga membuat pekerjaan seperti teller dan pegawai bank akan tergantikan.

7. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

Robot akan bertugas dalam pengepakan atau memindahkan barang. Amazon salah satu perusahaan yang mengalihkan pekerjaan itu dari tangan manusia.

8. Apoteker

Saat ini banyak apotek yang mengganti apotekernya dengan robot. Pekerjaan yang dilakukan robot ini adalah memisahkan dan menangani resep pelanggananya. Penggunaan robot juga dinilai menguntungkan karena robot hanya membutuhkan ruang kecil untuk bekerja menggunakan lengannya. Selain itu mesin akan mencegah kesalahan saat bekerja.

9. Pengumpul Informasi, Analis dan Peneliti

Belakangan firma hukum mengganti paralegalnya dan staf lain dengan pengacara e-discovery dan robot riset. Robot dinilai efektif untuk menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta relevan dan data seperti nomor telepon dan email berdasarkan kata kunci.

Di samping itu, analis keuangan juga banyak yang digantikan dengan komputer yang dirancang khusus menganalisis danmenemukan pola dan tren dalam data.