Situasi Memanas, Kapal Induk Nuklir AS Dekati Semenanjung Korea

Eramuslim.com -Armada tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh kapal induk tenaga nuklir USS Ronald Reagan mengadakan latihan gabungan dengan pasukan Angkatan Laut Jepang di dekat perairan semenanjung Korea.

Manuver gabungan yang dimulai sejak hari Rabu (11/10) itu digelar di tengah ketegangan yang memanas antara AS dan sekutunya dengan Korea Utara (Korut). Kapal perang destroyer (perusak) Jepang juga ambil bagian dalam latihan gabungan ini.

Informasi perihal manuver gabungan ini muncul setelah AS menerbangkan dua pesawat pembom B-1B Lancer strategis di atas semenanjung Korea dalam sebuah demonstrasi kekuatan yang kuat pada Selasa (10/10) malam. Ketegangan di wilayah ini terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir yang dipicu perang kata-kata antara pemimpin AS dan rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korut.

Militer Jepang mengatakan bahwa kapal perang Shimkaze miliknya berpartisipasi dalam latihan tersebut. Kapal perang itu menemani USS Ronald Reagan di perairan sekitar Okinawa, sebelah barat daya semenanjung Korea.