free hit counters
 

Terbangun di Tengah Malam, Rasulullah Anjurkan Baca Doa Ini

zahid – Rabu, 21 Rabiul Awwal 1441 H / 20 November 2019 10:15 WIB

Eramuslim – SETELAH beraktivitas sejak pagi, tentu setiap Muslim memanfaatkan malam untuk beristirahat sebaik-baiknya, yaitu dengan tidur untuk memulihkan tenaga. Hanya saja terkadang seseorang terbangun di tengah malam.

Nah umat Islam menganjurkan untuk membaca doa terbangun di tengah malam. Bahkan anjuran amalan doa ini datang dari Rasulullah SAW.

Pada saat istirahat terganggu tengah malam, Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa sebagai berikut.



لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِي وَأَسْأَلُكَ رَحْمَتَكَ اللَّهُمَّ زِدْنِي عِلْماً وَلا تُزِغْ قَلْبِي بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنِي وَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Arti doa terbangun di tengah malam itu yakni, “Tiada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Aku memohon ampun-Mu atas dosaku. Aku mengharapkan rahmat-Mu. Tuhanku, tambahkan ilmuku. Jangan Kausesatkan batinku setelah Kauberikan petunjuk padaku. Berikan aku rahmat dari sisi-Mu. Sungguh, Engkau maha pemberi.”

Doa ini disebutkan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar. Riwayat hadits ini menunjukkan betapa pentingnya zikir kepada Allah SWT dalam keadaan apapun. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K). Demikian dikutip dari Instagram Nahdatul Ulama (NU Online) pada Selasa (19/11/2019). (Okz)

Tahukah Anda Terbaru