Tank RRC Konvoi di Perbatasan Hongkong

Eramuslim.com – Kendaraan militer China dilaporkan berada di kota daratan China yang berbatasan dengan Hong Kong, Shenzhen. Hal ini dinilai sebaai tanda peringatan dari China atas tanggapan terhadap lebih dari 10 pekan meningkatnya protes di Hong Kong.

Sejumlah video diposting ke media sosial yang menunjukkan kendaraan militer berbaris panjang dengan tertib memasuki Shenzhen pada Senin pagi lalu. Tabloid negara China Global Times memposting kompilasi rekaman yang memperlihatkan truk-truk militer konvoi berbaris di Shenzhen sebelum latihan skala besar.

Video propaganda itu menunjukkan sejumlah pengangkut personel lapis baja, truk, dan kendaraan lain milik Angkatan Kepolisian Bersenjata Rakyat China ada di jalan-jalan kota Shenzhen. Mereka adalah polisi paramiliter yang bertanggung jawab atas pengendalian kerusuhan dan kontraterorisme.

The Global Times mencatat dalam laporannya 12 ribu petugas polisi, tank, helikopter, dan kendaraan amfibi berkumpul di Shenzhen pada 6 Agustus. Mereka tampaknya sedang melakukan latihan antihuru-hara.

Video lain yang diposting ke media sosial menunjukkan kendaraan militer memasuki Shenzhen Bay Sports Center, sebuah stadion besar yang terletak hanya lima kilometer dari pintu masuk ke Jembatan Teluk Shenzhen yang menghubungkan kota ke Hong Kong. Peneliti kebijakan luar negeri dan keamanan China di Universitas Nasional Australia, Adam Ni menilai ditampilkannya militer adalah peringatan yang berani kepada Hong Kong tentang kesiapan tempur China.