Terus Di Khianati Pemerintah Pakistan, Taliban Putuskan Akhiri gencatan Senjata

taliban pakistanGerakan bersenjata Taliban mengumumkan untuk mengakhiri gencatan senjata dengan pemerintah pada Rabu (16/04), di tengah proses perundingan akhir dengan pemerintah Islamabad.

Menurut jubir taliban Pakistan, Shahidullah Shahid, mengatakan bahwa “kami memutuskan untuk mengakhrii gencatan senjata ini dikarenakan pemerintah terus menahan orang kami dan menewaskan lebih dari 50 orang selama masa perundingan.

Shahidullah menambahkan “Meskipun tetap akan melanjutkan pembicaraan akhir, Taliban tidak akan ragu mengakhiri gencatan senjata jika tidak kemajuan jelas yang dibuat sisi pemerintah.”

Selama perundingan yang berjalan satu bulan  lamanya, pemerintah Islamabad telah melepas sebagian kecil tahanan yang diajukan oleh kelompok oposisi bersenjata di Pakistan.

Taliban menginginkan pemerintah Pakistan untuk menarik tentaranya dari daerah suku yang berbatasan dengan Afghanistan.

Sejak bulan Maret lalu, gerakan Taliban dan sejumlah kelompok bersenjata yang berafiliasi dengannya  mengumumkan gencatan senjata untuk memberikan ruang bagi proses perdamaian dan menghentikan serangan bersenjata di Pakistan.

Sebelumnya pada bulan Februari 2014 kemarin pemerintah mulai mengadakan pembicaraan damai dengan Taliban, akan tetapi proses tersebut berakhir dengan pertumpahan darah. (Skynewsarabia/Ram)