free hit counters
 

Mengenal Tanda-Tanda Kiamat agar Selamat Dunia Akhirat

2. Munculnya Dajjal

Kemunculan dajjal menjadi salah satu tanda-tanda kiamat kubro yang paling ditakuti oleh umat Islam. Karena kemunculannya menyebabkan kehancuran bagi seluruh umat. Ia akan menyebarkan fitnah yang kejam dengan akibat memecah belah bahkan merusak suatu kaum dengan mudahnya.

Ada pula hadits yang membahas mengenai ciri-ciri dari dajjal yaitu, penglihatannya buta pada sebelah kanan. Seperti buah anggur menggantung serta terdapat tulisan “kafaro” pada keningnya.

=> BACA JUGA: Siapakah Dan Apakah Dajjal?

3. Munculnya Dabbah atau Binatang Melata

Dalam kitab karya al-Allamahiriwayatkan diriwayatkan dari Ats-Tsa’labi dari Hudzaifah menjelaskan bahwa Dabbah adalah binatang melata berasal dari masjid yang paling dimuliakan oleh Allah.

إِنَّ أَوَّلّ الْآيَاتِ خُرُوْجًا طُلُوْعُ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا وَخُرُوْجُ الدَّابَّةِ عَلَى النَّاسِ ضُحًى وَأَيُّهُمَا مَا كَانَتْ قَبْلَ صَاحِبَتِهَا فَالْأُخْرَى عَلَى إِثْرِهَا قَرِيْبًا



“Sesungguhnya tanda-tanda (kiamat) yang pertama muncul adalah terbitnya matahari dari arah tenggelamnya (barat) dan keluarnya binatang melata kepada manusia pada waktu dhuha, yang mana saja dari keduanya terjadi terlebih dahulu maka yang lainnya menyusul sesaat setelahnya” (H.R. Muslim no 7570).”

Ia akan muncul dari bukit Safa ketika Nabi Isa AS melakukan thawaf. Dabbah dicirikan dengan kepala yang mengkilat serta berbulu halus dan kasar. Binatang ini akan menandai para mukmin seperti bintang kejora dan orang kafir dengan noktah tiga.

4. Terbitnya Matahari dari Barat

Salah satu ciri kiamat kubro adalah terbitnya matahari dari barat bukan dari timur. Hal ini didukung dengan sabda Rasulullah yaitu, kiamat tidak akan datang sebelum matahari terbit dari arah barat. Apabila orang-orang melihatnya maka semua orang di atasnya termasuk yang beriman.

Ada pula hadits yang menjelaskan bahwa penyebab matahari terbit dari barat adalah, ketika matahari meminta izin untuk terbit setelah ia terbenam namun tidak diperbolehkan. Sehingga ia pun kembali ke tempat semula ia tenggelam yaitu dari sebelah barat.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10Lihat semua

Menuju Kehidupan Sejati Terbaru