Pakai Helikopter, Sekelompok Tentara Pemberonta Turki Kabur ke Yunani

tentaraEramuslim.com – Sekelompok tentara Turki yang diduga terlibat dalam kudeta militer yang berujung kegagalan dikabarkan terbang menuju Yunani dengan menggunakan helikopter. Mereka dilaporkan mengajukan suaka ke negara itu.

Petugas keamanan Yunani telah menangkap delapan orang di atas helikopter militer Turki yang mendarat di kota sebelah utara Alexandroupolis, Sabtu (16/7/2016) siang. “Mereka telah meminta suaka politik,” demikian yang dikatakan kementerian polisi negara itu, seperti dikutip dari laman Express.

Televisi pemerintah Yunani, ERT menurunkan laporan yang menyatakan tentara yang tiba di negara itu kemungkinan telah terlibat dalam aksi pemberontakan militer.

Terkait hal ini, Menteri Luar Negeri Turki telah memposting pernyataan di Twitter yang mengatakan ia telah menghubungi Yunani dan meminta negara itu untuk mengembalikan tentara Turki tersebut.

Seperti diketahui, pada Jumat atau Sabtu dini hari, sekelompok tentara Turki melakukan kudeta untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Recep Tayyep Erdogan. Mereka menilai, pemerintahan saat ini telah meninggalkan nilai-nilai sekuler yang telah lama dijalankan oleh Turki.(ts/sn)