Gaji Presiden Afganistan Hanya 5 Juta Perbulan?

Komisi Anti Korupsi Afganista mengumumkan pada Senin (21/6) kemarin bahwa gaji perbulan Presiden Afganistan Hamid Karazai hanya 525 Dolar Amerika atau sekitar 5 Juta Rupiah saja. Komisi tersebut juga mengumumkan jika Karazai memiliki simpanan di bank tak lebih dari 20 ribu Dollar Amerika.

Sebuah surat pernyataan pelindungan harta negara telah ditandatangani Karazai terkait proyek pemerintahannya untuk memberantas korupsi. Dalam surat tersebut Karazai juga menyatakan memerangi tindak korupsi dan siap dihukum jika melakukannya.

Selain itu, KPK Afganistan juga menyatakan Karazai tidak memiliki tanah dan harta lainnya. Istri Karazai yang seorang dokter juga tidak bekerja, sementara anak semata wayangnya memiliki toko emas dan perhiasan yang omsetnya tak lebih dari 11 ribu Dolar.

Tentu saja gaji Karazai sangat kecil jika dibanding dengan gaji kepala negara lainnya. Presiden Amerika Barack Obama, misalnya, menerima gaji 400 ribu Dollar setiap bulannya, dan PM Inggris David Cameron bergaji 142 ribu Dollar.

Kalau gaji presiden kita berapa ya?(ags/aby)