Menara Jam Mekkah Akan Segera Dibuka

Menara jam Mekkah, yang sedang dibangun atas perintah pelayan dari dua Masjid Suci Raja Abdullah, dijadwalkan akan diresmikan dalam waktu dekat.

Menara ini dirancang oleh sebuah perusahaan Jerman terkemuka, dan dikabarkan akan menjadi menara tertinggi di dunia. Menara ini dapat dilihat dari jarak tujuh kilometer.

Menara jam besar ini akan berdiri setinggi 402 meter dan merupakan menara kelima dari proyek Raja Abdul Aziz yang menghadap Masjid Agung. Menara jam yang sedang dibangun ini dibuat dengan gaya arsitektur khas Islam.

Jam yang ada di menara akan memiliki empat wajah – satu jam di setiap sisinya.

Dua dari jam itu memiliki tinggi 80 meter, lebar 65 meter dan diameternya 39 meter. Nama Allah akan tertulis pada setiap jam di ke empat sisi.

Dua jam dua lainnya memiliki tinggi 65 meter, lebar 43 meter dan diameter 25 meter.

Dua lift juga dipersiapkan untuk membawa pengunjung ke balkon setinggi lima meter di bawah jam. Bangunan bersejarah ini juga akan membawa karya seni dekoratif Islam.

Setelah selesai, diharapkan menara ini akan menjadi menara tertinggi di dunia – lebih tinggi dari istana Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Warsawa ibukota Polandia, menara Big Ben London, menara jam Rajabai di Mumbai dan menara Allen-Bradley di Milwaukee, Amerika Serikat. (fq/arabnews)