Menteri Pertahanan AS Serukan Operasi Merebut Kota Raqqa di Suriah

menhan-ashton-carterEramuslim – Minggu 23 Oktober 2016, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter meminta kelompok boneka AS di Suriah untuk segera memulai proses pengepungan kota Raqqa di Suriah, bersamaan dengan operasi penaklukan kota Mosul di Irak.

“Amerika telah berkerjasama dengan mitranya di Suriah untuk melakukannya. Operasi ini akan berjalan serentak dengan operasi perebutan kota Mosul di Irak. Kami ingin melihat proses pengepungan kota Raqqa segera,” ujar Menhan Ashton Carter dalam pidato kunjungannya ke wilayah Kurdistan Irak.

Menhan Ashton Carter melanjutkan, “Pasukan Irak telah melancarkan operasi besar sejak awal pekan lalu untuk merebut Mosul, kota besar terakhir yang dikendalikan oleh organisasi Negara Islam di Irak.”

Menurut Ashton Carter, ide melancarkan dua operasi besar dalam satu waktu bersamaan di kota Mosul dan Raqaa adalah bagian dari perencanaan operasi militer AS di Irak dan Suriah sejak lama.

Sabtu 22 Oktober 2016, Menhan Ashton Carter tiba di Irak dalam kunjungan dadakan untuk meninjau kesiapan para komandan koalisi internasional dalam operasi pembebasan kota Mosul yang telah dimulai sejak hari Senin (17/10) pekan kemarin. (Skynewsarabia/Ram)