10 Perpustakaan Terbesar Di Dunia (Bag.II)

Eramuslim – Meskipun Islam dan Bangsa Arab dikenal sebagai pencetus pertama perpustakaan dan penerbitan buku-buku di zaman keemasan, akan tetapi saat ini tidak ada satupun perpustakaan di negara-negara tersebut yang memiliki koleksi manuskrip dan buku-buku yang lengkap seperti di Barat.

Dan dibagian kedua ini Eramuslim akan membahas 3 perpustkaan terbesar lainnya di dunia, dimana posisi ke empat dan kelima di isi oleh perpusatkaan asal Rusia. Perpustakaan mana yang dimaksud? Berikut ulasannya untuk anda.

Russian State Library (posisi ke 4 dunia)

Didirikan pada tahun 1882, perpustakaan milik pemerintah Rusia yang bertempat di ibukota Moskow ini memiliki 48 juta item dan 17,5 juta buku.

Tercatat setiap tahunnya pemerintah Rusia mengeluarkan dana sebesar 25 juta dolar AS untuk menjalankan perpustakaan ini.

Moskow Library

Perpustakaan Nasional Prancis (posisi ke 5 dunia)

Terletak di ibukota Paris dan dibangun sejak tahun 1461 masehi, perpustakaan negara ini memiliki 40 juta item, termasuk 14 juta koleksi buku dengan anggaran hingga 245 juta euro setiap tahunnya untuk merawat perpustakaan ini.

France Library

Russian State Library II (posisi ke 6 dunia)

Didirikan pada tahun 1795, perpustakaan yang berumur lebih tua dari Russian State Library di ibukota Moskow dengan 37 juta item, termasuk 15 juta buku.

Tercatat setiap tahunnya pemerintah Rusia mengeluarkan anggaran dana hingga 23,5 juta dolar AS untuk memelihara perpustakaan yang terletak di kota St. Petersburg. (Skynewsarabia/Ram)

St. Petersburg Library