PBB: Dalam Bulan Juli, 1332 Tewas dalam Perang Islam dan Syiah di Irak

markas PBBEramuslim – Sabtu 1 Agustus 2015, organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan sedikitnya 1.332 warga Irak tewas dan 2108 lainnya terluka dalam perang sekterian antara Islam Sunni dan Syiah sepanjang bulan Juli kemarin.

Dalam laporan delegasi PBB di ibukota Bagdhdad menyatakan bahwa 844 korban tewas diantaranya adalah warga sipil Irak, sementara sisanya 488 korban tewas berasal dari pasukan keamanan beserta milisi pro-pemerintah dan pejuang revolusi Irak.

Menurut PBB, ibukota Baghdad menjadi wilayah dengan korban tewas terbanyak mencapai 335 orang, dengan sebagian besar korban tewas adalah penduduk Sunni.

Selain itu PBB juga mengecam tindakan milisi Syiah pro-pemerintah yang dianggap masih melakukan kejahatan kemanusiaan dengan menargetkan warga sipil Sunni yang tidak terlibat dalam perang.

Perlu diketahui bahwa perang Islam Sunni dengan Syiah dipicu sikap diskriminatif mantan PM Nouri Al Maliki terhadap kelompok Sunni Irak sejak menjabat tahun 2006 hingga 2014. (Skynewsarabia/Ram)