Ada Ayat Al-Quran di Dinding Pintu Masuk Havard

Eramuslim – Havard University adalah salah satu universitas terbaik di dunia dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sejak ratusan tahun lalu belum ada yang mampu mengalahkan reputasi kampus yang berada di Negara Bagian Massachussets ini.

Dan salah satu yang terkenal dari Universitas ini adalah Fakultas Hukum yang sudah melegenda. Banyak petinggi dunia adalah jebolan Fakultas Hukum Havard, termasuk Presiden ke 44 Amerika Serikat.

Akan tetapi tahukah kita kalau di dinding pintu masuk Fakultas Hukum Havard (Entrance Wall) terpampang dengan jelas 3 tulisan tentang konsep keadilan Augustine of Hippo, Magna Carta, sebuah kutipan Ayat Al Qur’an? Iya benar ayat Al Qur’an.

“O ye who believe!
Stand out firmly for justice, as witnesses
To Allah, even as againstYourselves, or your parents,
Or your kin, and whether
It be (against) rich or poor:
For Allah can best protect both.”

Bahasa Inggris di atas adalah arti dari surat An-Nisa ayat 135 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا ۖ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَىٰ أَنْ تَعْدِلُوا ۚ وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan”. (QS An-Nisa: 135)

Ditanya kenapa memilih menempatkan surat An-Nisa ayat 135 pada pintu masuk, Faculty Members Havard University menerangkan bahwa mereka telah menelusuri berbagai konsep dan teori hukum yang ada dan tersebar diseluruh dunia. Dan kami sampai pada kesimpulan bahwa konsep keadilan dalam surat An-Nisa ayat 135 adalah konsep terbaik, terlengkap dan terfair yang pernah ada dan mereka temukan. Subhanallah

(AbuzarUsman/Ram)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/konspirasi-penggelapan-sejarah-indonesia-eramuslim-digest-edisi-10.htm