Aktivis Anti Zionis Asal Inggris Ini Terpilih Pimpin Partai Buruh

jeremy_corbyn_2009_01_03Eramusim.com – Melalui Konferensi Luar Biasa pada hari Sabtu (12/9), Labour Party (Partai Buruh Inggris) mengumumkan terpilihnya aktivis kiri radikal Jeremy Corbyn sebagai ketua partai setelah mendapatkan 59,5% suara. Corbyn dikenal pembelaannya terhadap Palestina dan permusuhannya secara terang-terangan terhadap kebijakan penjajah Zionis dan barat terhadap Palestina dan negara-negara Arab.

Terpilihnya Corbyn ini menjadi transit strategi bagi Partai Buruh. Karena pemimpin baru ini dipastikan akan membawa kebangkitan partai buruh setelah mengalami kekalahan dalam pemilu parlemen pada 7 Mei lalu melawan kaum konservatif yang dipimpin David Cameron. Saat ini Partai Buruh adalah partai oposisi utama di Inggris.

Sebagian pihak menilai Corbyn (66, mantan anggota parlemen Inggris selama 32 tahun) sebagai pembela Arab dan kaum muslimin. Dia menolak perang ke Irak. Sementara sebagian pihak lain melihat dia adalah pendukung isu-isu keadilan di dunia. Pada tahun 2012 dia mengatakan, “Bila kita tidak mengakui hak-hak Palestina, maka kita akan menghadapi hampaan dan kekecewaan. Dan Inggris bertanggung jawab secara khusus.”

Dia menyerukan penghentian agresi Zionis ke Gaza dan meminta ditingkatkan tekanan kepada penjajah Zionis secara ekonomi dan politik agar menghentikan blokadenya terhadap Jalur Gaza. (ts)