Balas Trump, Erdogan Gandakan Tarif Impor Sejumlah Produk Asal AS

Eramuslim.com – Sebagai balasan dari tindakan yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan memboikot produk-produk AS. Selain itu, Erdogan juga menggandakan tarif pada beberapa impor AS termasuk mobil, alkohol dan tembakau pada Rabu (15/8).

Langkah ini merupakan pembalasan atau retaliasi atas tindakan AS, tetapi lira meningkat enam persen lebih lanjut setelah langkah baru oleh otoritas perbankan dilakukan untuk mendukung mata uang.

Sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Presiden Tayyip Erdogan, yakni menggandakan tarif Turki pada mobil penumpang menjadi 120 persen, pada minuman beralkohol hingga 140 persen dan pada tembakau daun hingga 60 persen. Erdogan juga menggandakan untuk barang-barang seperti kosmetik, beras dan batu bara.

“Bea impor meningkat pada beberapa produk, berdasarkan prinsip timbal-balik, sebagai tanggapan atas serangan yang disengaja pemerintah AS terhadap ekonomi kita,” kata Wakil Presiden Fuat Oktay di Twitter dilansir Jawapos.com dari Reuters di Jakarta, Rabu (15/8).

Asal tahu saja, Amerika Serikat adalah sumber impor terbesar keempat ke Turki tahun lalu, menyumbang USD12 miliar impor, menurut statistik IMF. Ekspor Turki ke Amerika Serikat tahun lalu berjumlah USD8,7 miliar dan menjadikannya pasar ekspor kelima terbesar Turki.

Pada Rabu Lira menguat sejauh 5,75 terhadap dolar dan berdiri di 5,9350 pada 0745 GMT dalam langkah awalnya dipicu oleh keputusan pengadilan Turki untuk melepaskan dua tentara Yunani menghadapi tuduhan spionase. Hal itu menunjukkan bahwa hubungan Turki dan Uni Eropa dapat pulih sementara ketegangan dengan Amerika Serikat tetap berlanjut.