China Dikabarkan Kelabakan Hadapi Amukan Corona Varian Delta

Sebanyak 27 kasus yang ditransmisikan secara lokal telah terdeteksi hingga pihak berwenang memerintahkan pengujian massal kepada seluruh 10 juta penduduk Zhengzhou. Akibat peningkatan kasus, Kepala Komisi Kesehatan kota tersebut juga harus dipecat.

Pejabat kesehatan China juga menekankan pentingnya vaksinasi di samping tindakan tegas seperti pembatasan maupun testing.

“Perlindungan vaksin Covid terhadap varian Delta mungkin agak menurun, tetapi vaksin saat ini masih memiliki efek pencegahan dan perlindungan yang baik terhadap varian Delta,” kata Feng Zijian, ahli virologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Komisi Kesehatan Nasional (NHC) mengatakan lebih dari 1,6 miliar dosis vaksin sejauh ini telah diberikan secara nasional pada Jumat (30/7). Namun tidak dijelaskan angka pasti berapa orang yang telah divaksinasi lengkap.

Sebelumnya, China sempat membanggakan keberhasilan dalam mengendalikan pandemi Corona di wilayahnya, setelah memberlakukan lockdown Corona pertama di dunia pada awal tahun 2020 saat pandemi merajalela di Wuhan. Namun kemunculan wabah baru pada bulan ini yang dipicu varian Delta mengancam rekor itu.(detik)