Detik-detik Tsunami Terjang Aegea Turki, Warga Panik, Kota Porak-poranda

Eramuslim.com – Tsunami terjang Aegea Turki setelah gempa 7 skala richter yang menyebabkan kerusakan parah. Gedung-gedung hancur di sana.

Sebanyak enam orang tewas dan 202 orang terluka dalam gempa kuat yang mengguncang Laut Aegea Turki.

Gempa itu getarannya sampai Yunani. Banyak bangunan robuh di provinsi pesisir Izmir dan orang-orang terperangkap di dalam reruntuhan.

Para saksi menyatakan orang-orang berkerumun di jalan-jalan Kota Izmir.

Getaran dapat dirasakan bahkan hingga Istanbul dan di pulau-pulau Yunani, di mana menurut sejumlah pejabat, orang-orang panik namun tidak ada laporan korban sejauh ini.

Terdapat berbagai laporan terkait kerusakan properti. Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menyebut enam bangunan telah runtuh di dua distrik di kota pesisir Izmir.

Gempa Turki (antara)
Gempa Turki (antara)

Sementara itu, Menteri Urbanisasi Murat Kurum menyebut lima bangunan telah runtuh di area tersebut, dan menambahkan bahwa sejumlah orang terperangkap di dalam puing-puing bangunan. Adapun Walikota Izmir Tunc Soyer menyebut hampir 20 bangunan telah runtuh di provinsi itu.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Soylu mengatakan tidak ada laporan korban jiwa dari enam provinsi lain, di mana gempa juga dirasakan. Namun menambahkan bahwa terdapat sejumlah retakan kecil di beberapa bangunan.