Dewan Federasi Rusia Telah Setujui Putin Ikut Dalam Perang Suriah

putin-glasses-_2638080bEramuslim – Rabu pagi 30 September 2015, Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan telah mendapat persetujuan dari Dewan Federasi Rusia dalam sebuah pertemuan tertutup di ibukota Moskow, Rusia.

Seperti dilansir Russia Today dari direktur Dewan Kepresidenan, Sergei Ivanov, dalam keterangan persnya beberapa jam setelah rapat tertutup yang diadakan Putin mengatakan, “Dewan Federasi telah menyetujui permintaan Presiden Putin untuk menggunakan kekuatan militer Rusia di luar negara.”

Berikut 6 poin yang dibahas dan telah disetujui Dewan Federasi Rusia dalam rapat tertutup dengan Putin;

  1. Operasi udara Rusia di Suriah bersifat sementara, akan tetapi kita tidak bisa bicara lebih rinci mengenai waktu dan dan jenis senjata yang akan digunakan.
  2. Operasi militer di Suriah hanya terbatas pada operasi udara, dan tidak termasuk pengiriman pasukan darat.
  3. Presiden Suriah diharapkan segera membuat permintaan resmi ke Rusia mengenai bantuan militer ke Damaskus.
  4. Jumlah warga Rusia yang bergabung dalam Negara Islam dan sejumlah faksi perjuangan lainnya telah berkembang sangat cepat, maka negara harus segera bertindak menghentikannya.
  5. Operasi udara Rusia di Suriah adalah untuk menjaga kepentingan nasional Rusia.
  6. Adapun izin penggunaan Angkatan Udara Rusia di Suriah harus mendapatkan persetujan pemerintah setempat.

Sementara itu terkait berita di atas, seorang sumber terpercaya Sky News mengungkapkan bahwa Assad telah mengajukan surat permintaan resmi penggunaan militer Rusia di Suriah sejak akhir pekan ini.

Perlu diketahui bahwa pesawat Rusia dikabarkan telah melancarkan beberapa serangan udara di kota Homs, pada hari Rabu kemarin. (Rassd/Ram)