DK-PBB Serukan Presiden Yaman Kerahkan Militer Tumpas Syiah Houthi

Members of the Security Council vote during meeting at United Nations headquarters in New YorkEramuslim.com – Dewan Keamanan PBB meminta  Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi mengambil langkah militer dalam mendukung sikap pemerintah menggulingkan gerilyawan Syiah Houthi. Kelompok Syiah Houthi telah mengendalikan sebagian besar wilayah utara di negara itu, dan sedang memperluas daerahnya ke selatan.
Dewan meminta anggota enam negara Gulf Cooperation Council dan Liga Arab untuk melakukan intervensi militer. Tujuannya, melindungi waga Yaman dari agresi gerombolan Syiah Houthi.
Hadi mengatakan resolusi harus mengundang negara-negara yang  bersedia segera mendukung pemerintahan Yaman yang sah. “Segala cara dan langkah untuk melindungi Yaman dan mencegah agresi Houthi terjadi setiap jam dari sekarang, termasuk kota Aden,” kata Hadi, seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (24/3).
Hadi yang diakui secara internasional, terutama oleh sekutunya Amerika Serikat, meminta Dewan Keamanan menyetujui resolusi yang dapat memungkinkan mengambil langkah militer sesuai Bab 7 Piagam PBB.(rz)