Australia, Inggris Dipusingkan atas Perjalanan Jihad Warganya ke Timur Tengah

AirportPerjalanan  jihad dari Sydney menuju zona perang Timur Tengah telah dimasukkan pada daftar pengawasan keamanan nasional setelah beberapa warganya ditahan di Bandara Sydney pada hari Minggu.

Setelah diketahui beberapa pria asal Sydney, digambarkan mereka berkisar berusia 25-35 tahun, ditangkap oleh unit bandara kontra-terorisme baru baru ini , terungkap oleh The Daily Telegraph , saat mereka  mencoba untuk naik pesawat ke Beirut dengan keluarganya.

Sumber informasi menegaskan ia dihentikan langkahnya meninggalkan Australia dan dinyatakan melakukan pelanggaran dengan ditemukan bukti bukti  yang terkait  dengan  Islamic State di bagasinya.

Sumber keamanan mengatakan ia kini telah ditempatkan pada daftar pengawasan badan intelijen.

Beberapa pemuda juga ditahan di Bandara Melbourne pada hari berikutnya, yang  mencoba untuk naik pesawat menuju Timur Tengah. Dan diikuti juga adanya  30 warga Inggris dalam  sebulan mencoba melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak untuk bergabung Mujahidin IS .

Minggu ini otoritas penerbangan Inggris merilis rekaman CCTV dari Gatwick Airport menampilkan lima warga Inggris – yang menyebut diri mereka Brigade Britani  – menyamar sebagai turis dan mengambil penerbangan  ke kota resor Antalya Turki pada bulan Oktober tahun lalu. Dari sana mereka dengan mudah menuju  zona perang di Suriah untuk menyambut “perang suci” mereka.

Kemarin, Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan kepada parlemen bahwa satu orang telah ditahan  sejak pembentukan unit perlindungan perbatasan  untuk mengamankan bandara dan mengidentifikasi ancaman terhadap keamanan nasional . (JL/KH)