Cerita Pilu Muslim India Saat Dikenali Atribut Keislamannya

“Saya berpikir saat itu bahwa saya tidak akan selamat dari ini. Yang teringat saat itu adalah Allah, Tuhanku,” kenangnya.

Bharatiya Janata Party (BJP) nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan, undang-undang kewarganegaraan baru diperlukan untuk melindungi minoritas yang dianiaya dari Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan. Dia pun menyangkal adanya bias terhadap Muslim India.

“Mereka baru saja mulai menyerang, meneriakkan slogan. Kemanusiaan macam apa ini?” kata dia.

Polisi Delhi tidak segera tersedia untuk mengomentari serangan terhadap Zubair. Sejak melaju kembali ke kekuasaan pada Mei tahun silam, Modi telah mengejar agenda pertama Hindu yang telah menguatkan para pengikutnya dan membuat 180 juta Muslim di India terguncang.

Sebagaimana diketahui, jumlah umat Hindu di India sekitar 80 persen dari total populasi. Sekarang para penentang dan pendukung hukum, sebagian besar terpecah antara Muslim dengan Hindu dan berhadapan satu sama lain. Beberapa mengatakan polarisasi membangkitkan bab gelap di masa lalu India.

“Kekerasan sekarang terjadi di saku kecil Delhi dan mengingatkan Anda tentang awal kerusuhan anti-Sikh 1984,” kata pakar politik yang memimpin partai politik kecil yang menentang BJP, Yogendra Yadav.

Dia merujuk pada serangan massa pada minoritas Sikh setelah anggota komunitas membunuh Perdana Menteri Indira Gandhi. Ribuan orang Sikh terbunuh di kota-kota termasuk Delhi dalam apa yang dikatakan penyelidik India adalah kekerasan yang diorganisir.

Posisi Modi sebagai menteri utama negara bagian Gujarat selama beberapa kerusuhan terburuk dalam sejarah independen India yang terjadi di sana pada tahun 2002 telah lama memicu ketidakpercayaan di antara beberapa Muslim.(kl/rol)