Dubes Finlandia: Anda Tidak Bisa Menyamakan Islam dengan Terorisme

Sudah menjadi semacam tradisi bagi Finlandia memiliki pemerintahan koalisi. Ada lima partai politik di dalam pemerintahan koalisi yang dipimpin Perdana Menteri Marin saat ini. Kelima partai politik itu dipimpin oleh wanita, dan kelima ketua partai politik itu ikut duduk di dalam pemerintahan. Mereka adalah Ketua Partai Aliansi Kiri, Li Andersson (32), yang menempati posisi Menteri Pendidikan. Lalu Ketua Partai Liga Hijau, Maria Ohisalo (34), sebagai Menteri Dalam Negeri, Ketua Partai Tengah, Katri Kulmuni (32), sebagai Menteri Perekonomian, dan Ketua Partai Rakyat Swedia Finlandia, Anna Maja Henrikkson (55), sebagai Menteri Hukum.

Dalam pertemuan dengan Dutabesar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari, di Kedubes Finlandia di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pertengahan Desember 2019, kami membahas tradisi politik Finlandia yang mampu melahirkan politisi-politisi wanita berusia muda yang handal dan mumpuni.

Dubes Sinkari juga menceritakan sedikit mengenai tradisi dunia pendidikan Finlandia yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Kerjasama Finlandia dan Indonesia sudah barang tentu menjadi tema yang juga dibahas dalam pertemuan itu.

Berikut petikannya:

Banyak berita menarik datang dari Finlandia belakangan ini. Perdana Menteri baru Finlandia adalah seorang wanita berusia muda. Juga ada empat wanita lain yang duduk di pemerintahan koalisi…

Iya, sekarang ini jadi banyak hal (dari Finlandia yang dibicarakan). Saya terkejut melihat foto empat politisi wanita kami begitu viral. Semua orang membicarakan foto itu. Kemana pun saya pergi, orang berkata: Anda berasal dari negara yang Perdana Menterinya adalah yang termuda di dunia. Hal ini tidak hanya ramai di media sosial, tetapi juga di media konvensional (tradisional).