Dubes Finlandia: Anda Tidak Bisa Menyamakan Islam dengan Terorisme

Apakah wanita berusia muda yang sekarang berada di pemerintahan Finlandia berasal dari partai politik yang sama?

Tidak. Mereka berasal dari partai politik yang berbeda. Yang menarik adalah, kami memiliki lima partai politik di pemerintahan, dan semuanya secara praktis dipimpin oleh wanita. Partai Sosial Demokrat yang merupakan partai Perdana Menteri sampai saat ini secara resmi dipimpin pria. Tetapi ini akan berubah pada musim panas mendatang. Jadi, secara praktis, Perdana Menteri kami sekarang ini adalah juga pemimpin di partainya.

Ada kabar Perdana Menteri Sanna Mirella Marin akan berkunjung ke Indonesia?

Saya akan sangat senang sekali. Dia seperti selebriti di sini. Banyak orang yang walaupun tidak mengenal Sanna Mirella Marin tetapi tahu bahwa ia adalah Perdana Menteri termuda di dunia. Berdasarkan informasi yang kami miliki tidak ada rencana mengenai kunjungan beliau ke Indonesia saat ini. Tetapi akan sangat menyenangkan sekali apabila dia bisa datang.

Kami memang berharap akan ada kunjungan tingkat menteri pada tahun 2020 ini. Tetapi sampai saat ini tidak ada informasi mengenai kunjungan Perdana Menteri.

Tema berikutnya yang sedang ramai dibicarakan adalah tentang sistem pendidikan Finlandia yang katanya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Apakah benar tidak ada ujian nasional di Finlandia?

Ada satu ujian nasional, dan itu satu-satunya, yakni ketika siswa berusia 18 tahun. Di luar itu kami tidak punya ujian tingkat nasional.

Apakah benar siswa sekolah dasar (SD) menghabiskan sebagian besar waktunya bukan di sekolah?

Ide dasar dari sistem pendidikan yang berlaku di SD adalah, silakan siswa melakukan sebisa siswa di sekolah. Ada pekerjaan rumah, tetapi idenya adalah siswa harus mencoba menyelesaikan semuanya sebisa mungkin di sekolah. Sehingga siswa tidak punya banyak beban di rumah. Ada pekerjaan rumah, tetapi tidak banyak.