Empat Kunci Keberhasilan Dakwah

Eramuslim – Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Prof KH Didin Hafidhuddin menjelaskan empat kunci keberhasilan dakwah saat menjadi pembicara utama dalam Webinar Internasional bertema ‘Dakwah dan Media Selama Pandemi Covid-19’. Webinar yang diselenggarakan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini dihadiri para pembicara dari berbagai negara.

Prof Didin mengatakan, dalam melakukan kegiatan dakwah ada empat hal penting yang terkait satu dengan yang lainnya. Keempat hal ini akan menentukan apakah sebuah kegiatan dakwah berhasil ataukah tidak. Pertama adalah dai sebagai subjeknya atau pelaku dakwahnya.

“Maka pelakunya (dai) sangat menentukan karena harus memiliki berbagai macam pengetahuan, keterampilan, integritas dan akhlakul karimah, sebab dakwah yang paling efektif di zaman Rasulullah SAW adalah dakwah dengan akhlak,” kata Prof Didin saat menjadi pembicara utama dalam Webinar Internasional UIKA, Kamis (3/9).

Ia menerangkan, bahkan para ahli sejarah mengatakan alasan Islam tersebar dengan begitu singkat ke berbagai belahan dunia karena ditentukan oleh dua hal. Pertama oleh Alquran sebagai kitab suci yang mengandung berbagai macam hal yang dibutuhkan dalam kehidupan. Alquran juga mengandung berbagai hal yang ditujukan untuk merespon berbagai macam keperluan manusia.