Erdogan Dukung Muslim-Azerbaijan Lanjutkan Perang Hingga Bebaskan Nagorno-Karabakh

Eramuslim.com -Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak agar Baku melanjutkan operasi pembebasan wilayah Nagorno-Karabakh untuk mencapai hasil yang memuaskan dengan dukungan Turki.

Berulang Erdogan menegaskan bahwa Turki selalu mendukung perjuangan Muslim-Azerbaijan dengan segala cara yang memungkinkan sebagai bentuk persahabatan yang dalam.

“Azerbaijan telah membebaskan wilayah yang luas. Saya berharap negara itu akan terus berjuang sampai semua tanahnya di Karabakh dibebaskan,” kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan di Twitter pada hari Jumat (1/10), seperti dikutip dari Sputnik.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan Globe and Mail, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan bahwa keluarnya Turki dari Kaukasus selatan akan menjadi syarat yang diperlukan untuk perdamaian di Nagorno-Karabakh.

Pashinyan menambahkan, saat ini terserah kepada sekutu NATO Turki untuk memberikan penjelasan mengapa Ankara terlibat dalam konflik Karabakh.

“Personel militer Turki dan angkatan bersenjata Turki secara langsung terlibat dalam permusuhan. Sekutu NATO Turki harus menjelaskan mengapa jet F-16 [Turki] ini menembaki kota-kota dan desa-desa di Nagorno-Karabakh dan membunuh penduduk sipil,” kata Pashinyan, merujuk pada laporan dari awal pekan ini bahwa jet angkatan udara Armenia telah menjatuhkan pesawat tempur Turki.

Namun, Turki membantah laporan itu.

Pashinyan menyarankan agar negara-negara Barat memikirkan kembali penjualan senjata ke Turki, karena menurut laporan senjata tersebut digunakan oleh pihak Azerbaijan di Nagorno-Karabakh.