Istri Tak Sholat, Apakah Suami Juga Ikut Berdosa

Eramuslim.com – Istri tak sholat lima waktu lantas apakah sang suami juga ikut menanggung dosa mengingat sholat adalah perkara yang sangat penting.

Sholat adalah rukun Islam kedua setelah syahadat. Saking pentingnya, sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat.

https: img.okezone.com content 2021 02 17 330 2363683 istri-tak-sholat-apakah-suami-juga-ikut-berdosa-jWRZjGSids.jpg

Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia, Ustaz Farid Nu’man Hasan dalam kajiannya dikutip pada Rabu (17/2/2021) mencoba menjelaskan bahwa Allah Ta’ala berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim: 6)

Ustaz Farid Nu’man mengatakan, menjaga keimanan keluarga kita, orang tua, istri dan anak-anak adalah kewajiban seorang laki-laki sekaligus sebagai seorang suami.

Dan di antara kewajibannya adalah mengingatkan keluarganya agar senantiasa menjaga shalat yang difardhukan.

Allah berfirman: “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thaha: 132)

Membina anggota keluarga adalah tanggung jawab seorang suami atau kepala keluarga.

Di pundaknya terdapat tanggung jawab untuk memastikan seluruh anggota keluarganya beriman kepada Allah Ta’ala. Namun hidayah tetap menjadi hak-Nya.