Kisah Ayah Dewi Sandra Mualaf, Awalnya Kristen & Sempat Tak Percaya Agama

Dewi Sandra sempat penasaran dengan alasan ayahnya tak punya agama

Diakui Dewi Sandra, sosok ayahnya juga menjadi inspirasi dalam hidupnya. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa diambil darinya mulai dari etos kerja hingga perjalanan spiritualnya.

“Ayah gue itu pekerja keras. Jadi, gue belajar tentang ‘Lo kalau mau berhasil, lo harus taruh hati dan jiwa pada pekerjaan’. Itu etos kerja yang gue lihat dari Bokap gue,” kata Dewi Sandra.

“Makanya di keluarga gue tuh enggak ada yang komplain, ‘Bokap enggak ada’ karena Nyokap juga sangat pintar mengajarkan ‘Bokap lo lagi kerja untuk keluarga ini’,” katanya.

Dewi Sandra masih ingat, jadi saat ayahnya pulang, anak-anaknya harus duduk rapi di depan meja. Dewi, kakak, dan adiknya harus makan teratur untuk menunjukkan hormat pada pemimpin keluarga, sang ayah.

“‘Saya bersyukur atas kerja kerasmu untuk keluarga ini’. Makan malam bersama itu berharga banget, setiap anaknya itu harus bercerita apa yang dilakukan tadi di sekolah, entah cerita tentang bermain drama, atau bernyanyi untuk ayahnya,” tuturnya.

“Keren sih. Itu salah satu yang paling gue cinta dari masa kanak-kanak gue,” katanya.

Soal mengapa ayahnya sempat agnostik, sebagai anak tengah, Dewi Sandra mengaku punya pertanyaan serupa, kenapa ayahnya tidak punya agama saat itu. “Gue punya pertanyaan yang enggak habis-habis, ‘Ma, why Mommy ngajarin kita salat, tapi Daddy enggak salat. Dan ketika Beliau enggak bisa jawab, gue makin penasaran'” ucapnya.

Pertanyaan Dewi Sandra tentang agama ayahnya saat itu semakin menjadi-jadi ketika ibunda tak bisa menjawab. Alhasil, sang ibunda seakan memohon untuk tidak menanyakan hal tersebut pada dirinya.

“Karena pertanyaan ini membuat pertengkaran. Karena enggak semua pertanyaan enggak perlu dijawab. Dari itu gue belajar, boleh mengajukan pertanyaan apa saja. Tapi jawaban enggak mesti dapat hari itu. Jawaban bisa didapat dari kehidupan, Tuhan berikan,” tuturnya.