Kisah Muslim Amerika Ubah Wajah Kota Detroit Jadi Lebih Hidup

Dream of Detroit merupakan salah satu organisasi yang berusaha mengubah Kota Detroit menjadi lebih baik. Muslim Detroit pun bekerja sama dengan klinik kesehatan, teater lokal yang sudah berdiri 60 tahun, serta masjid dan community center yang sudah ada sejak 30 tahun lalu.

“Kami juga terlibat dalam koalisi untuk mengubah wajah kota. Kami bukan organisasi keagamaan, kami bekerja sama dengan pihak manapun,” ujar Direktur Eksekutif Dream of Detroit, Mark Crain.

Pihaknya kata Mark, memutuskan membeli rumah-rumah terbengkalai itu dan membangunnya kembali bersama komunitas muslim di sana. Kawasan itu kini menjadi lebih baik.

Sementara, seorang peneliti Islam University of Michigan, Prof Sally Howell mengungkapkan, para muslim di Michigan memang aktif membangun sebuah kawasan dan menjadikannya lebih baik.

“Di pinggiran Kota Detroit seperti Dearborn dan Hamtramck, warga muslim membangun sendiri tanpa bantuan dana luar. Mereka mengubah kawasan, menjaga stabilitas harga rumah, membangun kegiatan usaha dan merevitalisasi kawasan tersebut,” ucap Sally. (Okz)