Obama: AS Akan Akui Sudan Selatan sebagai Sebuah Negara Pada Bulan Juli

Amerika Serikat akan mengakui selatan Sudan sebagai negara "berdaulat dan mandiri" pada bulan Juli mendatang, Presiden Barack Obama mengatakan hari Senin kemarin (7/2), dengan wilayah yang sesuai jalur untuk menjadi negara termuda di dunia, pada ssat Washington memulai proses menghapus Sudan dari daftar hitam terorisme.

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Sudan selatan untuk suksesnya referendum dan memberi inspirasi di mana mayoritas warga lebih memilih untuk kemerdekaan," kata Obama.

"Karena itu saya senang mengumumkan niat Amerika Serikat untuk secara resmi mengakui Sudan selatan sebagai negara, berdaulat independen pada Juli 2011," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

"Setelah puluhan tahun konflik, gambaran dari jutaan pemilih Sudan selatan memutuskan masa depan mereka sendiri yang merupakan inspirasi bagi dunia, langkah maju lain dalam perjalanan panjang Afrika terhadap keadilan dan demokrasi," kata Obama.

"Sekarang, semua pihak memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa momen bersejarah ini menjadi janji saat kemajuan abadi terbentuk," katanya.

Rakyat Sudan Selatan memberikan suara bulat mereka untuk menyatakan kemerdekaan dalam hasil akhir referendum yang diumumkan pada hari Senin, membuka pintu menjadi negara Afrika terbaru.

Obama juga mengatakan perjanjian damai harus dilaksanakan sepenuhnya.

"Pada saat yang sama, harus ada yang mengakhiri serangan terhadap warga sipil di Darfur dan mengakhiri konflik tersebut," katanya menegaskan. (fq/aby)