Rudal-Rudal Yang Ditembakkan Syiah Houthi ke Saudi Bikinan Iran

Maliki menambahkan bahwa koalisi akan memasukan 40 nama pemimpin Syiah Houti ke dalam daftar teroris di waktu mendatang, namun saat ini ia tidak memberikan informasi apapun.

Turki al-Maliki juga menyampaikan bahwa milisi Houti telah menaruh sekitar 50 ribu bom ranjau di daerah perbatasan Arab Saudi.

Komando pasukan koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi menyatakan, “Untuk mempertahankan wilayah, rakyat dan kepentingannya, Arab Saudi berhak untuk menanggapi Iran dengan cara yang diakui oleh hukum internasional, dan pada saat yang tepat”.

Pernyataan itu juga menyebutkan “Koalisi melihat Iran jelas melakukan pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2216, karena memberi dukungan rudal kepada milisi Houti. Peran Iran dalam penyerangan ini merupakan sebuah serangan terbuka terhadap perdamaian dan keamanan negara tetangga, dunia, dan kawasan Timur Tengah”.

Selain itu, untuk sementara koalisi menutup semua perbatasan udara, laut, dan darat dengan Yaman kecuali untuk masuknya bantuan kemanusiaan dari luar.(kl/ant)