Rumor : Abubakar Shekau, Pemimpin Boko Haram Tewas ?

shekauRumor akan tewasnya  pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau oleh militer Kamerun telah menjadi rumor Media selama 48 jam terakhir, dengan para pejabat di kedua negara Afrika Barat (Nigeria dan Kamerun) tetap membisu atas klaim tersebut ..

“Abubakar Shekau belum tewas,” kata seorang sumber militer Kamerun kepada media Turki Anadolu Agency pada hari Selasa, 23 September , ia menggambarkan rumor  tentang kematian  Shekau adalah sebagai “siasat”.

Rumor pertama kali menyebar pada hari Minggu setelah sebuah foto jenazah diterbitkan di akun Facebook seorang tentara Kamerun yang menunjukkan jenazah  seorang pria yang mirip dengan Shekau.

Menurut pernyataan oleh tentara Kamerun tersebut , Shekau tewas dalam serangan pemboman udara di dekat kota perbatasan Nigeria , Ngala.

Di sisi lain, militer Nigeria juga mengklaim telah membunuh orang yang sama saat pertempuran  di Konduga, Borno.

Boko Haram baru-baru ini meningkatkan serangan terhadap desa-desa di  Kamerun di perbatasan dengan Nigeria. Pada hari Senin, sedikitnya 20 orang tewas dalam serangan Boko Haram atas Kamerun. Militan Boko Haram dalam beberapa pekan terakhir membanjiri beberapa kota di seluruh wilayah timur laut Nigeria yang bergolak.

Rabu pekan  lalu, militer Nigeria mengatakan bahwa hingga 60 militan Boko Haram tewas ketika lakukan penyerangan wilayah  Konduga.

Ia menambahkan bahwa “pemimpin teroris tersebut” telah ditangkap selama serangan itu dan kini dirawat di fasilitas medis militer.

Sementara itu, pejabat AS, yang telah membantu Nigeria untuk penangkapan Shekau, menolak berkomentar ketika ditanya apakah mereka telah lakukan validasi dengan benar atas adanya laporan tersebut.

“Kami menyadari adanya laporan, tetapi tidak dapat memastikan apa pun saat ini,” kata seorang pejabat AS kepada Fox News.

Di sisi lain , Wartawan Nigeria yang dikenal dekat dengan milisi Boko Haram, Ahmad Salkida menegaskan bahwa pemimpin Boko Haram dalam kondisi baik dan hidup.

“Ingat ini; Aku memilikinya validasi bahwa  Shekau dalam kondisi baik dan hidup. …, “Ahmad Salkida memposting di tweeternya.

Laporan lain muncul di Nigeria Daily Post mengutip dari sumber keamanan,  yang mengatakan pria yang tewas itu adalah Isa Damsaka, dan media itu menambahkan bahwa Damsaka adalah orang yang selalu terlihat di setiap video Boko Haram  sejak tahun lalu sebagai “Abubakar Shekau”.

Shekau mengumumkan pada tahun 2009 bahwa ia telah mengambil alih kepemimpinan Boko Haram setelah kematian pendirinya, Muhammad Yusuf.

Ini bukanlah  pertama kalinya rumor yang menyatakan bahwa Shekau telah “tewas”.

Bahkan , Pejabat Nigeria  meyakini bahwa Sekau  telah tewas dalam bentrokan antara  militer dan Boko Haram pada tahun 2009. Pada saat operasi keamanan besar-besaran pada  Juli 2009  di negara bagian Borno. Tak lama setelah serangan itu , militer Nigeria menyerbu sebuah masjid dan  kompleks sekolah  di Maiduguri, dan menangkap pimpinan Boko Haram , Mohammed Yusuf, pemimpin pertama dan karismatik  kelompok tersebut. (Arby/Dz)