Sarankan Etnis Cina Diusir dari Malaysia, Zakir Naik Tuai Kemarahan

Eramuslim.com – Penceramah Muslim asal India, Zakir Naik, memicu kemarahan publik di Malaysia setelah menyarankan pengusiran etnik minoritas China dari negara itu. Empat menteri di Kabinet Pemerintah Perdana Menteri Mahathir Mohamad mendesak penceramah itu dideportasi.

Pada hari Rabu, Kabinet Pemerintah Malaysia menggelar pertemuan untuk membahas izin tinggal Zakir Naik. Dia sudah tinggal di negara itu selama tiga tahun setelah diberi izin tinggal oleh pemerintah sebelumnya, yakni perdana menteri Najib Razak. Para pengkritik Najib menilai penampungan penceramah kontroversial itu untuk mengalihkan kasus skandal korupsi 1MDB.

“Kami telah menyatakan posisi kami bahwa tindakan harus diambil dan Zakir Naik seharusnya tidak lagi diizinkan untuk tetap berada di Malaysia,” kata Menteri Komunikasi dan Multimedia Gobind Singh Deo dan Menteri Sumber Daya Manusia M Kulasegaran dalam sebuah pernyataan bersama, yang dikutip Al Jazeera, Kamis (15/8/2019).

“Perdana Menteri telah memperhatikan kekhawatiran kami. Kami menyerahkan kepadanya untuk mempertimbangkan posisi dan memutuskan secepat mungkin apa yang akan dilakukan untuk menangani masalah tersebut,” lanjut pernyataan mereka.

Sumber yang mengetahui tentang rapat kabinet hari Rabu mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Mahathir mengatakan akan menyelesaikan masalah Zakir Naik. “Tapi dia tidak memberi perincian,” ujar sumber tersebut.